Bugar

Harus Tahu! Ikuti 4 Cara Memudarkan Bekas Cacar dengan Bahan Alami

Harus Tahu! Ikuti 4 Cara Memudarkan Bekas Cacar dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Bekas cacar dapat menurunkan penampilan, namun bekas cacar di kulit masih bisa dihilangkan. Bekas cacar bisa terletak di mana saja seperti wajah, tangan, kaki dan semua anggota tubuh.

Ada beberapa bahan alami yang berkhasiat menghilangkan bekas cacar dan memperbaiki kulit. Hanya saja, dikarenakan memakai bahan alami, Anda harus melakukan perawatan ini secara rutin.

Melansir evamuliaclinic.com, berikut cara memudarkan bekas cacar dengan bahan alami di bawah ini: 

1. Alpukat

Bekas cacar dapat dipulihkan dengan menggunakan masker dari bahan alpukat. Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh, alpukat juga bisa menghilangkan bekas cacar yang berlubang. 

Cara membuat masker alpukat tidak sulit, yaitu campurkan alpukat matang, dua sendok makan (sdm) madu dan dua sdm cuka apel. Kemudian, aduk semua bahan hingga menjadi pasta. Anda dapat menyimpan campuran di lemari es selama 15-20 menit untuk memiliki efek pendinginan pada kulit.

Oleskan campuran tersebut pada bekas luka cacar dan biarkan selama lima belas menit. Selanjutnya, bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini sebelum mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Madu

Cara menghilangkan bekas cacar secara alami selanjutnya dengan madu. Madu mengandung antioksidan yang dapat mendukung kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan memproduksi kolagen kembali. Cara membuatnya, yaitu siapkan 1 sdm madu murni, 1 sdm oatmeal kering dan 1 sdm air. 

Campurkan oat dan air, lalu aduk hingga oat empuk dan kental. Tambahkan madu murni dan aduk kembali hingga tercampur rata. Kemudian, oleskan ke area yang terkena bekas cacar dan biarkan selama 15 menit hingga 20 menit. Selanjutnya, bilas hingga bersih dan keringkan.

Baca Juga: Mau Mengurangi Kerutan Wajah secara Alami? 5 Essential Oil Ini Layak Anda Coba!

3. Pepaya

Berikutnya, cara menghilangkan bekas cacar dengan bahan pepaya. Pepaya adalah pelembab alami yang diperkaya dengan vitamin C membantu memperbaiki kulit yang rusak dengan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Pepaya memiliki manfaat untuk pengelupasan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati berkat enzim papain. 

Cara penggunaannya, yaitu siapkan secangkir potongan pepaya matang segar, 5 sdm susu segar, dan 5 sdm gula merah. Haluskan pepaya hingga menjadi pasta yang lembut. Kemudian,tambahkan 5 sdm gula merah dan 5 sdm susu, aduk hingga rata.

Tambahkan pasta pepaya dan aduk lagi. Sebelum mengoleskannya, bersihkan area bekas luka dengan sabun lembut dan air. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada bekas luka cacar dan bilas setelah 15 menit-18 menit dengan air. Lakukan perawatan alami ini setiap hari.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan memudarkan bekas luka. Anda dapat mencoba menghilangkan luka bekas cacar air di wajah dengan cara memijat bekas cacar di wajah menggunakan beberapa tetes minyak kelapa.

Lakukan cara ini selama 10 menit-15 menit. Perawatan ini dilakukan tiga kali hingga empat kali sehari untuk menyembuhkan dan memudarkan bekas luka cacar dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News