Bugar

Harus Dicoba! 5 Cara Mengatasi Kulit Bersisik dengan Perawatan Rumahan

Harus Dicoba! 5 Cara Mengatasi Kulit Bersisik dengan Perawatan Rumahan

MOMSMONEY.ID - Bikin tidak nyaman, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi kulit bersisik dengan perawatan rumahan berikut ini. 

Melansir dari cnfstore.com, kulit bersisik terjadi akibat mengelupasnya sel kulit mati dan minyak alami dimana terlalu cepat proses pengelupasan lapisan kulit paling luar.

Sehingga menyebabkan elastisitas kulit berkurang dan kulit tampak bersisik dan kasar saat disentuh. Penyebab lain kulit bersisik, seperti paparan sinar matahari, cuaca panas atau dingin, tidak merawat kesehatan kulit dan kurangnya asupan cairan.

Akan tetapi, kulit bersisik masih bisa dihilangkan. Berikut cara menghilangkan kulit bersisik dengan perawatan rumahan masih dikutip dari cnfstore.com

1. Memakai Pelembab Kulit yang Sesuai

Cara pertama menghilangkan kulit bersisik dengan memakai produk pelembab kulit yang sesuai. Pilih pelembap yang memang diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit yang bersisik dan cocok untuk kulit.

Sebaiknya Anda menggunakan pelembap tubuh dengan kandungan pelembap tinggi seperti body butter dan balm. Anda bisa menggunakan pelembap sambil melakukan gerakan memijat setelah mandi dan juga sebelum tidur di malam hari.

2. Scrubbing

Cara menghilangkan kulit bersisik selanjutnya adalah scrubbing. Gunakan produk scrub sebagai salah satu body care routine pada kulit tubuh yang mengalami kering dan pecah-pecah. Hal ini bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengelupaskan kulit dengan lembut.

Pertama basahi kulit yang bersisik dan mulailah menggosoknya dengan lembut menggunakan spons atau sarung tangan eksfoliasi. Pastikan juga Anda menggunakan produk body scrub yang cocok dengan jenis kulit Anda. .

Baca Juga: Begini 4 Cara Membersihkan Make Up yang Benar dan Mudah

3. Mandi dengan Air Dingin

Berikutnya, Anda harus mandi dengan air dingin secukupnya. Sebaiknya mandi air dingin tidak lebih dari 10 menit. Hindari mandi dengan air panas karena bisa meluruhkan minyak alami tubuh dan kelembapan kulit turut hilang.

Gunakan pula beberapa produk body care, mulai dari body wash, body lotion, body serum, body butter, dan lainnya yang efektif membantu merawat kulit tubuh Anda tetap lembap, halus, dan sehat

4. Tingkatkan Asupan Cairan Tubuh

Kemudian, tingkatkan asupan cairan tubuh dengan minum air putih. Meningkatkan asupan cairan tubuh bisa membantu mengatasi kondisi kulit yang bersisik.

Kurangnya asupan air bisa mengakibatkan kulit kering yang memicu kondisi bersisik dan kusam. Oleh sebab itu, pastikan asupan cairan tubuh Anda terpenuhi untuk menjaga kelembapan kulit.

5. Keringkan Tubuh dengan Benar

Cara menghilangkan kulit bersisik lainnya adalah keringkan tubuh dengan benar. Setelah selesai mandi, gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan tubuh.

Hal ini untuk mencegah terjadinya gesekan antar kulit yang bisa merusak lapisan terluar kulit. Jika lapisan kulit luar rusak, akan menyebabkan kekeringan dan menimbulkan iritasi kulit.

Itulah lima cara mengatasi kulit bersisik dengan perawatan rumahan. Rawat kesehatan kulit setiap hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News