Bugar

Harus Coba! 4 Pola Makan Sehat untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Harus Coba! 4 Pola Makan Sehat untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

MOMSMONEY.ID - Ingin kulit sehat dan lembab? Anda bisa menerapkan pola makan sehat ini untuk mengatasi berbagai masalah kulit. 

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat berpengaruh dengan kulit. Terkadang kita hanya berfokus pada perawatan dari luar saja, tetapi penting juga merawat kulit dari dalam.

Sehingga mendapatkan kulit sehat dan cantik bisa jadi kenyataan. Melansir dari natur-e.co.id, simak empat pola makan sehat untuk mengatasi masalah kulit, yaitu: 

1. Membatasi Gorengan

Pola makan sehat untuk kulit pertama dengan membatasi gorengan. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang memicu produksi sebum atau minyak pada kulit.

Akibatnya, kulit gampang kusam dan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat. Camilan ini juga memiliki kadar garam atau gula yang tinggi, sehingga dapat mengganggu kadar hormon dan berpengaruh pada kesehatan kulit Anda.

Lebih baik beralih ke alternatif yang lebih sehat seperti makanan yang dipanggang atau bikin kudapan dari buah dan sayur segar yang kaya antioksidan.

2. Mengganti Kopi atau Minuman Soda dengan Teh Hijau

Sering minum kopi atau minuman soda? Yuk, mulai beralih ke teh hijau. Membayangkan es kopi dengan tambahan boba atau minuman bersoda dingin di tengah hari yang panas, memang menyenangkan dan menggoda.

Namun, kandungan kafein dan gula yang tinggi dalam kedua minuman favorit Anda itu justru memicu masalah baru. Bukan hanya berkaitan dengan kesehatan tubuh, tapi juga kecantikan kulit Anda yang berubah kusam. Ganti dengan minuman kekinian lainnya berbahan teh hijau.

Bisa diseduh hangat atau dinikmati dingin dengan tambahan susu rendah lemak, teh hijau kaya akan polifenol yang membantu memperlancar peredaran darah dan oksigen ke kulit. Hasilnya, kulit tampak lebih segar dan glowing sepanjang hari.

Baca Juga: 4 Cara Menerapkan Metode Mindful Skincare yang Menarik Dicoba!

3. Rutin Makan Sayuran Hijau

Pola makan sehat untuk kulit selanjutnya adalah rutin makan sayur hijau. Radikal bebas yang bisa berasal dari polusi atau proses metabolisme dalam tubuh dapat merenggut kesehatan kulit.

Sehingga, kulit jadi kering dan kusam, saatnya meningkatkan asupan antioksidan dengan membuat perubahan sehat pada pola makan.

Anda bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti sawi, bayam, dan kangkung yang mengandung banyak antioksidan termasuk karotenoid, lutein dan zeacanthin untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

4. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih setiap hari sangat penting untuk tubuh, termasuk kulit. Minum air putih rutin mampu menjaga kulit terhidrasi dan mencegah munculnya jerawat.

Minum minimal 8 gelas air putih dapat membantu melepaskan racun dari tubuh, bahkan mencegah kulit kusam dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Itulah beberapa pola makan sehat yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Selain itu, ditambah dengan pemakaian produk skincare yang tepat juga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News