HOME, InvesYuk

Hari Pertama di Bulan September, Laju IHSG Tak Ceria

Hari Pertama di Bulan September, Laju IHSG Tak Ceria

MOMSMONEY.ID - Tak seperti lagu yang dinyanyikan Vina Panduwinata, yaitu September Ceria, rupanya gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tak membahagiakan di perdagangan hari pertama bulan September.

Dari data RTI, IHSG terjun 0,97% atau 59,37 poin ke 6.090,93 pada akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (1/9).

Dari 11 indeks sektoral, delapan sektor turun bersama dengan IHSG. Sektor teknologi tergerus 3,66%. Sektor barang baku merosot 1,67%. Sektor infrastruktur melemah 1,60%.

Sektor properti dan real estatr turun 1,16%. Sektor keuangan dan perindustrian melemah masing-masing 0,85%. Sektor barang konsumsi nonprimer turun 0,47%. Sektor kesehatan melemah 0,18%.

Tiga indeks sektoral bertahan menguat hingga tutup pasar. Sektor energi menguat 0,63%. Sektor transportasi dan logistik menguat 0,53%. Sektor barang konsumsi primer naik tipis 0,02%.

Total volume transaksi bursa mencapai 25,43 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 12,06 triliun. Sebanyak 296 saham turun harga. Ada 204 saham menguat dan 147 saham flat.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pelemahan IHSG tak bisa ditepis lagi. Pasalnya, memasuki bulan September, akan ada beberapa rilis data perekonomian di awal bulan.

Salah satunya, inflasi yang diperkirakan masih dalam kondisi terkendali. Dan, pergerakan IHSG hingga saat ini masih sangat dipengaruhi oleh sisi perlambatan perekonomian.

Menurut William, kenaikan IHSG masih cukup terbatas dengan potensi penurunan terlihat lebih besar dibanding keinginan naiknya. "Momentum fluktuatif masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek," ujarnya.

Untuk Kamis besok (2/9), William memperkirakan gerak IHSG akan berada di rentang 5.969 sampai 6.202. Adapun saham-saham yang menarik untuk dicermati pelaku pasar yaitu JSMR, AALI, SMGR, GGRM, ITMG, TBIG, dan AKRA.

Baca Juga: Tawaran Promo Staycation Murah Meriah Jaringan Cordella

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News