HOME, InvesYuk

Hari Ini, Selasa (7/12), IHSG Ditutup dengan Gagah Perkasa

Hari Ini, Selasa (7/12), IHSG Ditutup dengan Gagah Perkasa

MOMSMONEY.ID - Masih berlanjut dari akhir perdagangan kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 55,45 poin atau 0,85% ke 6.602,57 pada akhir perdagangan Selasa (7/12).

Sebanyak 271 saham harganya naik, 251 saham turun dan 148 saham stagnan.

Delapan indeks sektoral menguat, menopang kenaikan IHSG. Sedangkan dua indeks sektoral lainnya tergelincir ke zona merah. Indeks sektoral dengan kenaikan tertinggi adalah IDX Sektor Transportasi yang naik 2,44%, IDX Sektor Perindustrian naik 2,43% dan IDX Sektor Barang Konsumen Non Primer yang naik 1,53%.

Sedangkan indeks sektoral yang melemah adalah IDX Sektor Energi yang turun 0,20% dan IDX Sektor Infrastruktur yang turun 0,09%. Total volume perdagangan saham di bursa hari ini mencapai 25,84 miliar saham dengan total nilai Rp 14,12 triliun.

Baca Juga: Ada Promo Diskon Me-O di Shopee Hingga 54% Periode Desember 2021

Head of Research Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan melihat penguatan IHSG hari ini didukung beberapa hal. Pertama, laporan awal varian omricon menunjukkan kecenderungan mild symtoms. "Laporan berdasarkan data awal dari South African Medical Research Council menunjukkan bahwa gejala omricon relatif ringan," ujar Valdy dalam risetnya (7/12).

Hal lain yang menguatkan laju IHSG di perdagangan adalah cadangan devisa per akhir November 2021 yang diperkirakan tetap kuat seiring ekspektasi berlanjutnya tren surplus neraca perdagangan Indonesia (NPI).

Terakhir kata Valdy, pelemahan harga cryptocurrency, termasuk bitcoin akhir pekan lalu mengindikasikan penurunan risilo pelaku pasar, sehingga berpengaruh pada kenaikan harga saham perusahaan teknologi.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Es Batu

Kendati demikian, Valdy mencermati, pada perdagangan IHSG besok, para pelaku pasar tengah mengantisipasi kemungkinan pembahasan rencana kenaikan The Fed Rate akhir tahun 2021. "Hal lain yang dapat menekan IHSG juga adalah proyeksi perlambatan pertumbuhan nilai ekspor dan impor Tiongkok bulan November 2021 dibanding Oktober 2021," jelasnya.

Pada perdagangan Rabu (8/12), Valdy proyeksikan IHSG bergerak sideway di rentang 6.550 sampai 6.630. Adapun saham yang bisa dicermati pelaku pasar yaitu ASII, PTBA, MDKA, TBIG, AALI, LSIP, BTPS, BTPN, dan AGRO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News