Santai

Hari Ini Gerhana Bulan Total, Catat Waktu dan Lokasi untuk Melihat

Hari Ini Gerhana Bulan Total, Catat Waktu dan Lokasi untuk Melihat

MOMSMONEY.ID - KONTAN.CO.ID - Hari ini ada fenomena Gerhana Bulan Total yang bisa Anda amati dari Indonesia. Catat waktu dan lokasi untuk melihatnya berikut ini.

Melansir laman Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan adalah peristiwa cahaya Matahari terhalang oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. 

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat pergerakan dinamis posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi saat fase purnama dan bisa diprediksi sebelumnya. 

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah. 

Baca Juga: Kini Livin' by Mandiri Bisa Digunakan di Luar Negeri

Sepanjang 2022, terjadi dua kali Gerhana Bulan Total, yakni:

  1. Gerhana Bulan Total 16 Mei 2022 yang tidak bisa diamati dari Indonesia
  2. Gerhana Bulan Total 8 November 2022 yang dapat diamati dari Indonesia

Pada hari ini, 8 November, menurut BMKG, durasi Gerhana Bulan Total dari fase Gerhana hingga Gerhana berakhir adalah 5  jam 57 menit 5 detik.

Sementara durasi totalitas Gerhana Bulan Total 8 November 2022 akan berlangsung selama 1 jam 25 menit 44 detik.

Catat, berikut fase Gerhana Bulan Total 8 November 2022:

  • Gerhana mulai pukul 15.00.38 WIB
  • Gerhana sebagian mulai pukul 16.08.59 WIB
  • Gerhana Total mulai pukul 17.16.19 WIB
  • Puncak Gerhana Total pukul 17.59.11 WIB
  • Gerhana Total berakhir pukul 18.42.03 WIB
  • Gerhana sebagian berakhir pukul 19.49.22 WIB
  • Gerhana berakhir pukul 20.57.42 WIB

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Rambut Rusak dengan Benar, Apa Saja?

Nah, berikut lokasi untuk melihat Gerhana Bulan Total 8 November 2022:

  • Bagi Anda yang tinggal di Papua, Papua Barat, sebagian Maluku Utara, dan sebagian Maluku, akan mendapati Bulan sudah dalam fase Gerhana  Penumbra saat satelit Bumi ini terbit. Selanjutnya, tentu bisa mengamati Gerhana Bulan Total 8 November 2022 hingga Gerhana berakhir.
  • Sementara yang berada di sebagian Maluku, sebagian Maluku Utara, Sulawesi, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian besar Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, dan sebagian Jawa Timur akan bisa mendapati Bulan sudah dalam fase Gerhana sebagian saat Bulan terbit. Kemudian, yang berada di wilayah tersebut bisa mengamati Gerhana Bulan Total 8 November 2022 hingga Gerhana berakhir.
  • Untuk yang tinggal di sebagian kecil Kalimantan Tengah, sebagian besar Kalimantan Barat, sebagian besar Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, sebagian Bengkulu, Bangka Belitung, sebagian besar Jambi, sebagian kecil Sumatera Barat, sebagian besar Riau, dan Kepulauan Riau bisa mengamati fase Gerhana Bulan Total hingga Gerhana berakhir.
  • Sedangkan Bulan dalam fase Gerhana Total saat Bulan sedang terbit tampak bagi yang berada di sebagian kecil Bengkulu, sebagian kecil Jambi, sebagian besar Sumatra Barat, sebagian kecil Riau, Sumatra Utara, dan Aceh.

BMKG menambahkan, pada puncak Gerhana, di sebagian besar wilayah Indonesia posisi Bulan dekat dengan horizon di bagian Timur. 

"Oleh karena itu, para pengamat dapat mengabadikan kejadian Gerhana ini dengan latar depan bangunan yang bersejarah atau ikonik,"sebut BMKG.

Selamat menyaksikan Gerhana Bulan Total hari ini 8 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News