Harganya Selangit, Ini Manfaat dan Kandungan Nutrisi Sarang Burung Walet

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 06 Oktober 2021 | 08:24 WIB
Harganya Selangit, Ini Manfaat dan Kandungan Nutrisi Sarang Burung Walet

ILUSTRASI. Manfaat dan kandungan nutrisi sarang burung walet

MOMSMONEY.ID - Sarang burung walet memang sudah dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki bermacam-macam khasiat sejak zaman dahulu, terutama di negara Tiongkok.  

Hal tersebut tidak bisa terlepas dari berbagai kandungan nutrisi dan mineral yang terkandung di dalamnya. Ternyata untuk bisa menikmati khasiat sarang burung walet untuk kesehatan tidaklah mudah.  

Tidak banyak yang tahu bahwa untuk bisa mendapatkan sarang burung walet adalah proses yang tidak sebentar karena sarang burung walet tersebut hanya terbentuk sebanyak tiga kali dalam satu tahunnya.  

Membutuhkan waktu sekitar 6 jam hanya untuk mengolah sarang tersebut yang dimulai dari pembersihan, proses pencucian hingga nanti sarang burung walet tersebut diolah dengan direbus.

Itulah yang membuat harga sarang burung walet memiliki nilai jual yang tinggi. Sarang burung walet diklaim memiliki banyak khasiat dan mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit.  

Dikutip dari Healthline, berikut adalah manfaat sarang burung walet untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

1. Baik untuk proses kehamilan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada sarang burung walet bisa membantu untuk menangkal radikal bebas yang bisa saja membahayakan ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungannya.  

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa salah satu manfaat sarang burung walet untuk bayi mampu mempengaruhi kecerdasan bayi dan perkembangan otak janin karena kandungan asam sialat yang ada di dalam sarang burung walet tersebut. 

Selain itu, kandungan yang ada dalam sarang burung walet juga dapat membantu sirkulasi darah pada ibu hamil. Dari aliran darah yang lancar nantinya akan membantu memberikan nutrisi yang berasal dari ibu ke janin dengan lebih maksimal.  

2. Baik untuk kecantikan wajah dan kulit

Konsumsi sarang burung walet bisa menjadi sebuah alternatif untuk dapat melindungi dan merawat kulit. Sinergi dari asam amino glisin dan threonine mampu membantu mencegah kerutan wajah sehingga menghasilkan kulit yang lebih kencang dan sehat.  

Selain itu kandungan kolagen pada sarang burung walet memang juga dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga mencegah kerutan dan mengurangi risiko penuaan dini. 

Manfaat sarang burung wallet dalam kecantikan juga bisa membantu mengatasi kulit kering dan bisa membantu menghilangkan flek hitam pada wajah.  

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Sebelum Melakukan Diet Buah

3. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Berdasarkan dari penelitian yang sudah pernah dilakukan, sarang walet ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi sarang burung dengan rutin selama minimal 12 hari dapat membantu lebih tingkatkan untuk kekebalan imun karena dikenal mengandung asam sialat. 

Itulah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi sarang burung walet yang baik untuk kesehatan sampai kecantikan. Anda bisa mengonsumsi sarang burung walet secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Selanjutnya: Kenali Ciri-Ciri dan Jenis Kanker Payudara yang Harus Diketahui Perempuan

Editor: Helvana Yulian
Terbaru