Keluarga

Harga Kucing Caracal, Ketahui 9 Fakta Uniknya Sebelum Memutuskan Adopsi

Harga Kucing Caracal, Ketahui 9 Fakta Uniknya Sebelum Memutuskan Adopsi

MOMSMONEY.ID - Kucing caracal adalah kucing liar besar yang berasal dari Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, dan daerah kering di India dan Pakistan. Harga kucing caracal cukup fantastis.

Harga kucing caracal bisa mencapai jutaan rupiah di Indonesia. Anda perlu mengetahui beberapa fakta unik dari kucing caracal. 

Sebab, kucing caracal berbeda dari kucing lainnya. Selain itu, memelihara kucing caracal perlu mengetahui peraturannya. 

Anda harus memeriksa undang-undang negara bagian Anda sebelum mendapatkan salah satu kucing ini sebagai hewan peliharaan untuk memastikan Anda diizinkan memeliharanya.

Berapa harga kucing caracal? Mengutip onurbicycle.com, sebagian besar kucing berukuran sedang, seperti serval dan caracal, berharga US$ 1.700 hingga US$ 2.800.

Baca Juga: Bahaya Anak Kucing Minum Susu Kedelai dan Susu Sapi, Ini Alasannya

Artinya, harga kucing caracal bisa mencapai Rp 26 jutaan hingga Rp 43 jutaan. 

Namun, apakah mengadopsi kucing caracal semudah itu? Tidak. Caracal harus dideklarasikan sebelum legal untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 9 fakta unik kucing caracal yang perlu Anda ketahui:

1. Terlihat seperti serval

Caracal dan serval sama-sama kucing liar berukuran sedang, tetapi serval hidup di lingkungan yang lebih basah daripada caracal yang menempel di daerah kering.

2. Kucing yang sangat kuat 

Panjang caracal bisa mencapai 3 kaki dan beratnya mencapai 40 pon. Kucing liar ini cukup besar untuk menjaga dirinya sendiri dan menangkis musuh, tetapi tidak cukup besar untuk berhadapan langsung dengan predator puncak seperti harimau dan singa.

Caracal dapat melompat tinggi di udara untuk menangkap burung langsung dari langit. Kucing ini sangat atletis dan mampu dengan mudah memanjat pohon untuk menangkap mangsanya seperti macan tutul.

3. Peka terhadap suara

Sekitar 20 otot mengendalikan telinga runcing yang membantu kucing mendeteksi suara sekecil apa pun.

Di alam liar, caracal mengandalkan pendengarannya yang luar biasa untuk bertahan hidup. Jumbai panjang di ujung telinga meningkatkan pendengaran kucing dengan menyalurkan suara ke telinga.

4. Pemakan daging

Caracal adalah omnivora yang memburu mangsanya. Di alam liar, caracal pemakan daging hidup dengan hewan pengerat kecil, burung, dan kelinci, dan kadang-kadang memangsa mangsa yang lebih besar seperti rusa atau antelop kecil.

Hewan ini tahu bahwa ia bukan tandingan zebra, macan tutul, atau singa yang kuat. Sehingga, dia menghindari hewan yang lebih besar yang dapat membahayakannya.

Baca Juga: 8 Kucing Termahal di Dunia, Ini Cara dan Tips Perawatan biar Tetap Sehat

5. Hewan pemburu

Dengan kemampuan memanjatnya yang luar biasa, caracal dapat menyelinap ke mangsa dan dengan cepat merebutnya.

Kucing-kucing ini juga merupakan penggali yang baik yang akan menggali ke dalam tanah. 

6. Mereka bisa berbahaya

Caracal adalah pelari cepat yang dapat berlari lebih cepat dari burung unta dan antelop kecil.

Jika Anda menyudutkan satu di alam liar, ia tidak akan ragu untuk menantang Anda. Tanpa ragu, caracal bisa menyerang jika merasa terancam.

7. Jarang menyerang manusia

Meskipun seseorang dapat diserang oleh caracal jika hewan tersebut terpojok dan merasa terancam, kucing ini jarang menyerang manusia.

Kucing-kucing ini lebih suka melarikan diri dari bahaya yang dirasakan daripada mempertaruhkan kesehatan atau nyawa mereka karena konfrontasi.

Karena serangan caracal jarang terjadi, beberapa orang mengira hewan ini dapat dengan mudah dijinakkan dan dirawat seperti kucing rumahan.

Baca Juga: Cara Melihat Jenis Kelamin Anak Kucing, Ikuti 4 Langkah Berikut Ini

8. Tidak murah merawat caracal

Anak kucing caracal mungkin lucu dan suka diemong, tetapi ia akan tumbuh dengan cepat menjadi kucing yang besar dan kuat.

Hewan ini tidak dapat dibiarkan berkeliaran bebas 24/7 di rumah karena harus dikurung atau dimasukkan ke dalam kandang yang sangat kuat.

Biaya sangkar yang cocok bisa lebih dari US$ 2.000. Ketika Anda menambahkan biaya pemeriksaan dokter hewan tahunan, vaksinasi, biaya kandang transportasi, dan makanan, harga kucing caracal bisa mencapai beberapa ribu dolar setahun untuk menampung dan merawat caracal dengan benar.

9. Dapat menjadi hewan peliharan yang baik untuk orang tertentu

Caracals dapat menjadi hewan peliharaan yang baik untuk orang-orang yang memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan spesies kucing yang luar biasa ini.

Caracal bukanlah hewan peliharaan yang cocok untuk pemula atau seseorang yang hanya ingin memamerkan kucing besar kepada teman-temannya.

Caracal yang tidak dilatih dan dirawat dengan baik bisa menjadi hewan yang sangat berbahaya untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Itulah informasi mengenai kucing caracal beserta harga kucing caracal dan fakta unik sebelum merawatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News