HOME, Santai

Hanya Mitos! Vagina Tidak Akan Kendur Karena Aktivitas Seks Moms

Hanya Mitos! Vagina Tidak Akan Kendur Karena Aktivitas Seks Moms

MOMSMONEY.ID - Banyaknya mitos yang beredar mengenai kesehatan vagina tentunya membuat banyak wanita merasa cemas dan khawatir. Apalagi ditambah dengan munculnya mito yang menyatakan bahwa aktivitas seks bisa menyebabkan vagina menjadi kendur

Mitos yang satu ini terus menjadi pembicaraan lantaran perasaan was-was wanita jika alat kelaminnya mengalami kekenduran. 

Padahal, hal tersebut hanyalah mitos belaka. Seperti yang dilansir dari laman Medical News Today, belum ada bukti bahwa kegiatan seks bisa menyebabkan vagina kendur. 

Baca Juga: Anda Perlu Tahu, 5 Makanan Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Vagina

Laman Heatlh Line juga menyatakan bahwa tidak ada yang fakta ataupun bukti yang membuat vagina kendur karena aktifitas seks. Vagina hanya akan berubah dari waktu ke waktu karena faktor usia dan melahirkan. Namun tak membuat vagina kehilangan elastisitasnya secara permanent.

Pada dasarnya vagina adalah otot yang bisa tegang dan bisa mengendur. Mengendur dalam artian tidak tegang dan berada dalam kondisi rileks atau nyaman. Yang bisa membuat vagina terasa kendur atau tegang adalah intensitas dari kegiatan penetrasi.

Melansir dari laman Health Line, penetrasi yang cukup akan membuat vagina terasa longgar dan berada dalam kondisi rileks. Namun penetrasi yang kurang akan membuat vagina terasa tegang dan membuatnya kehilangan elastisitasnya selama aktivitas seks.

Baca Juga: Jika Anda Mengalami 5 Hal Ini, Bisa Jadi Anda Terkena Vaginismus

Kondisi vagina akan cenderung lebih terbuka secara sementara sebelum, saat, dan setelah aktivitas seks. Hal ini bisa disamakan dengan mulut, ketika menguap atau makan, mulut bisa terbuka dan kemudian kembali ke bentuk semulanya.

Untuk menghindari vagina kendur karena usia ataupun melahirkan, kegiatan olahraga yang bertujuan untuk menguatkan otot lantai pelvis yang mengontrol atau menunjang kantung kemih, rahim, vagina, dan rectum.

Latihan kegel adalah latihan yang sering disarankan utuk melatih kekuatan otot pelvis. Latihan kegel bisa dilakukan dengan mudah dirumah melalui Youtube. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk membantu meningkatkan kekuatan otot pelvis.

Sebagai rangkumannya, ativitas seks tidak membuat vagina mengendur. Faktor usia dan melahirkan yang membuat vagina kehilangan elasitasnya. Namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan rutin melakukan olahraga yang melatih otot pelvis.

Selanjutnya: Tanda-Tanda Disfungsi Seksual yang Kerap Terjadi Pada Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News