HOME, Bugar

Hal yang Perlu Diterapkan dalam Setiap Tahapan Vaksinasi Covid-19

Hal yang Perlu Diterapkan dalam Setiap Tahapan Vaksinasi Covid-19

MOMSMONEY.ID - Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya yang berpeluang besar membawa kita satu langkah lebih dekat dengan kehidupan normal pra-corona.

Untuk Moms yang hendak divaksin, hal-hal berikut perlu diperhatikan dan diterapkan sebelum, saat, dan setelah vaksin Covid-19 diterima.

Sebelum Menerima Vaksin

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menerima vaksin Covid-19 adalah mencari informasi yang akurat. Informasi mengenai segala hal tentang vaksin bisa diakses dari website resmi milik lembaga-lembaga kesehatan. Beberapa di antaranya adalah website milik Kementerian Kesehatan RI, UNICEF, dan WHO.

Baca Juga: Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Setelah memperoleh informasi vaksin Covid-19, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter. Hal ini penting terlebih bagi orang-orang dengan riwayat reaksi alergi berat akibat vaksin. Selain itu, orang-orang yang mengkonsumsi obat secara rutin pun tidak boleh melewatkan sesi konsultasi dengan dokter.

Bagi orang-orang sehat yang masih ragu dengan kondisinya juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan apakah boleh atau tidak tubuhnya menerima vaksin Covid-19.

Sebelum menerima vaksin Covid-19, dianjurkan untuk istirahat dan minum air putih yang cukup. Kedua hal tersebut dilakukan agar tubuh dalam kondisi fit ketika hari vaksinasi tiba.

Saat Menerima Vaksin

Ketika proses vaksinasi Covid-19 berlangsung, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Menggunakan masker dan social distancing adalah dua hal wajib yang harus diterapkan ketika sedang berada di lokasi vaksinasi.

Sebelum vaksin Covid-19 diberikan, penting untuk menjelaskan secara jujur tentang kondisi diri kepada tenaga kesehatan. Apabila Moms sedang hamil atau mengalami gangguan kekebalan tubuh, jangan sungkan untuk disampaikan ya Moms.

Nah, setelah pemberian vaksin Covid-19 selesai, maka penerima vaksin akan mendapatkan kartu. Kartu tersebut berisi keterangan tentang jenis vaksin Covid-19 yang diterima serta waktu dan lokasi vaksinasi. Pastikan untuk menyimpan kartu tersebut dengan baik agar tetap terjaga ketika kelak dibutuhkan.

Baca Juga: Moms, Begini Lo Cara Membuang Masker yang Benar

Setelah Menerima Vaksin

Terdapat peraturan pasca vaksinasi Covid-19 yang mengharuskan para penerima vaksin untuk tetap berada di lokasi selama sekitar 15 menit. Hal tersebut dilakukan untuk memantau dan memastikan tidak terjadi reaksi atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang bersifat segera.

Meskipun begitu, para penerima vaksin Covid-19 diharuskan untuk tetap memantau KIPI secara mandiri setelah meninggalkan lokasi vaksinasi. Karena, terdapat gejala KIPI umum ringan hingga sedang yang mungkin terjadi nantinya.

Adapun bentuk KIPI ringan hingga sedang yang mungkin terjadi pasca vaksinasi Covid-19 meliputi pegal di sekitar area suntik, demam ringan, rasa lelah, sakit kepala, pegal di bagian otot atau sendi, menggigil, hingga diare.

Ketika mengalami KIPI, penerima vaksi Covid-19 disarankan untuk tetap tenang. Tidak lupa untuk melakukan beberapa perawatan untuk meredakan terjadinya KIPI. Moms bisa mengompres dengan menggunakan air dingin jika area suntik mengalami nyeri, bengkak, atau kemerahan.

Jika terjadi demam, kompreslah bagian dahi dengan air hangat atau bisa juga mandi air hangat. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Rekomendasi dari WHO yang Digunakan Indonesia

Bila perlu, minumlah obat sesuai dengan anjuran petugas kesehatan. Namun jika gejala KIPI berlangsung selama lebih dari tiga hari atau timbul reaksi yang lebih berat, maka Moms harus segera menghubungi petugas kesehatan agar dapat ditangani lebih lanjut.

Moms, itulah hal-hal yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah vaksinasi Covid-19. Perlu diingat untuk selalu bersabar karena tubuh memerlukan waktu untuk membangun kekebalan setidaknya 2 minggu setelah dosis lengkap diterima.

Tak hanya itu, Moms juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun sudah divaksin. Karena, orang yang sudah divaksin masih sangat mungkin untuk menularkan Covid-19 walaupun tanpa gejala. Jadi, tetap jaga diri demi diri sendiri dan orang lain ya Moms.

Selanjutnya: Benarkah Penyakit Autoimun Lebih Sering Terjadi pada Wanita?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News