HOME, Keluarga

Hal yang Perlu Dilakukan Supaya Anak Mau Makan Camilan Sehat

Hal yang Perlu Dilakukan Supaya Anak Mau Makan Camilan Sehat

MOMSMONEY.ID - Selain dari makanan pokok, gizi dan nutrisi pun bisa didapatkan dari camilan sehat. Memberikan camilan sehat kepada anak penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Selain itu, anak yang terbiasa makan camilan sehat pun akan membawa kebiasaan baik ini hingga mereka dewasa.

Meskipun demikian, memberikan camilan sehat kepada anak ternyata memerlukan upaya ekstra. Pasalnya, anak biasanya lebih suka mengonsumsi camilan yang manis-manis walaupun itu tidak sehat contohnya gula-gula.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan dan terapkan agar anak mau makan camilan sehat. Yuk, simak!

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dipercaya Bisa Memicu Hamil Anak Laki-Laki

Waktu Tepat Memberikan Camilan Sehat

Setelah sarapan pagi, Moms bisa lanjut memberikan asupan kepada anak berupa camilan sehat pada pukul 09.00-10.00. Pada malam hari, Moms bisa berikan lagi camilan sehat untuk mereka. Setelah makan malam (direkomendasikan pukul 17.00-18.00), Moms dapat kembali memberikan anak-anak camilan sehat pada pukul 20.00 atau sebelum anak-anak tidur.

Untuk bayi berusia di bawah 9 bulan, cukup beri mereka dua kali camilan sehat dalam sehari. Sedangkan untuk bayi di atas 9 bulan hingga usia sekolah, berilah mereka camilan sehat sebanyak 3 kali sehari.

Ajari Anak Tentang Pentingnya Camilan Sehat

Sembari memberikan camilan sehat, Moms bisa sekaligus menjelaskan kepada anak tentang manfaat camilan sehat untuk mereka.

Pastikan penjelasan yang Moms sampaikan jelas dan simple agar anak mudah memahaminya. Moms bisa juga menjelaskannya dengan cara mendongeng.

Baca Juga: Simak Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Tengah Masa Pandemi

Perbanyak Kreasi Camilan Sehat yang Menarik

Agar anak terbiasa makan camilan sehat, maka Moms harus rutin memberikan mereka menu-menu camilan sehat yang bervariasi.

Jangan sajikan camilan yang itu-itu saja karena hal tersebut dapat membuat anak bosan dan enggan untuk memakannya lagi.

Perbanyaklah ide kreasi camilan sehat yang kira-kira enak dan tentunya mampu membuat anak tertarik untuk mencobanya. Tidak lupa juga untuk menyajikannya dengan tampilan yang unik dan lucu agar anak antusias ketika melihatnya.

Kenalkan Anak dengan Biji-Bijian Utuh

Selain buah-buahan dan sayur-mayur, jangan lupa untuk mengenalkan biji-bijian utuh kepada mereka. Moms dapat memperlihatkan dan membiasakan mereka untuk mengonsumsi sereal dan oatmeal.

Selain tinggi serat, sereal dan oatmeal juga mampu membuat anak kenyang lebih lama sehingga keinginan anak untuk jajan sembarangan dapat terkendali.

Agar anak suka, pastikan untuk mengkreasikan sereal dan oatmeal menjadi camilan sehat yang lezat dan menarik ya Moms.

Adapun beberapa ide camilan sehat yang bisa Moms berikan untuk anak-anak di antaranya smoothies, mini pie buah, es krim vegan, yogurt, sate buah, dan sushi pisang.

Selanjutnya: Mengenal Money Parenting yang Penting Diterapkan kepada Anak

                                                                

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News