HOME, Keluarga

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Mesin Cuci Agar Tetap Awet & Bersih

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Mesin Cuci Agar Tetap Awet & Bersih

MOMSMONEY.ID - Mesin cuci sudah lama memudahkan manusia dalam mencuci baju kotor yang sudah menumpuk di rumah. 

Namun, bukan berarti Anda bisa asal memasukkan baju ke dalam mesin cuci dan membiarkannya membersihkan baju Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci baju dengan mesin cuci supaya hasilnya maksimal.

Nah, kira-kira apa saja hal yang dimaksud? Dilansir dari Tide USA dan Persil, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mau Membangun Rumah Tumbuh? Simak Dulu Tipsnya di Sini

Pisahkan baju sebelum dicuci

Sebelum mulai mencuci baju di mesin cuci, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memisahkan baju yang akan dicuci. Hal ini penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti warna baju yang luntur atau kain yang rusak saat dicuci.

Pada dasarnya, Anda bisa membagi atau memisahkan cucian berdasarkan warna dan bahan kainnya. Misalnya, pisahkan pakaian berwarna dan pakaian putih, pakaian berwarna cerah dengan pakaian gelap, dan pakaian berkain berat dengan halus.

Gunakan mode pencucian yang tepat

Setiap mesin cuci umumnya sudah dilengkapi dengan mode atau pengaturan pencucian berdasarkan bahan baju yang akan dicuci. Misalnya, ada mode untuk mencuci bahan halus, sprei, hingga pakaian yang “berat” seperti sweter dan jaket.

Nah, menggunakan mode pencucian yang tepat sangat penting, sebab dapat memaksimalkan kinerja mesin cuci sehingga baju Anda akan bersih dengan maksimal. Jika Anda menggunakan mode pencucian yang sama untuk semua jenis baju, mesin cuci tidak akan bekerja maksimal, bahkan cepat rusak.

Gunakan deterjen sesuai kebutuhan

Saat menggunakan deterjen, Anda juga perlu berhati-hati. Jika mesin cuci Anda sudah dilengkapi dengan tempat khusus untuk memasukkan deterjen, masukkan deterjen ke tempat tersebut dengan jumlah yang sesuai. Jangan gunakan deterjen terlalu banyak karena dapat meninggalkan residu yang mengiritasi kulit.

Jika tidak ada tempat untuk memasukkan deterjen, jangan langsung menuang deterjen pada baju yang akan dicuci karena berpotensi meninggalkan noda. Sebaiknya, campurkan air dan deterjen terlebih dulu, baru masukkan cucian.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah, Mudah!

Jangan memasukkan terlalu banyak cucian ke mesin cuci

Setiap mesin cuci sudah dirancang untuk menampung kapasitas tertentu. Jadi, masukkan baju atau cucian sesuai dengan kapasitas mesin cuci dan jangan memasukkan terlalu banyak cucian.

Selain membuat pakaian sulit bersih dengan sempurna, mesin cuci yang diisi terlalu penuh juga dapat memaksa mesin cuci bekerja berlebihan sehingga dapat merusak komponen di dalamnya.

Biarkan pintu mesin cuci terbuka setelah pencucian selesai

Setelah pencucian selesai, bagian dalam mesin cuci masih cukup lembap sehingga Anda tidak disarankan untuk langsung menutup pintunya. Lap bagian dalamnya dengan kain kering, lalu biarkan pintunya terbuka sehingga bagian dalam mesin cuci kering sempurna.

Menutup mesin cuci saat masih lembap akan memerangkap kelembapan tersebut dan memicu beberapa hal, mulai dari bau apek hingga jamur di bagian dalam mesin cuci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News