HOME, BisnisYuk

Hai Seller, Ini 7 Tipe Promosi Paling Disukai Pembeli

Hai Seller, Ini 7 Tipe Promosi Paling Disukai Pembeli

MOMSMONEY.ID - Menjual sebuah produk baik online ataupun offline harus punya cara jitu agar pembeli tertarik.

Memasarkan produk bukan hanya dilihat dari kualitas produk saja tetapi strategi promosi yang anda berikan kepada pembeli.

Menurut riset dari MarketTrack, sebesar 80% pembeli akan memilih barang dari toko dengan promosi yang lebih menarik dari toko lainnya.

Momsmoney telah merangkum 7 tipe promosi yang paling disukai oleh pembeli, yaitu:

1. Diskon

Diskon atau potongan harga selalu menjadi tipe promosi yang paling sering diberikan kepada pembeli.

Ketika pembeli melihat harga miring di papan harga, pasti akan membeli produk tersebut. 

Diskon sebenarnya adalah permainan harga. Diskon memberikan pengurangan harga pada produk yang dijual pada saat itu juga.

Diskon merupakan salah satu tipe promosi yang sangat efektif untuk dilakukan dalam penjualan.

2. Cashback

Cashback dan diskon pada dasarnya hampir sama, tapi bedanya cashback melakukan pengembalian uang setelah pembeli melakukan belanja.

Sekarang ini, tipe promosi cashback sering digunalah oleh market place dan online shop.

Keuntungan dari promosi cashback yaitu menaikkan engagement dengan konsumen Anda dan mendapatkan kepercayaan dalam produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, meningkatkan jumlah konsumen yang bisa menunjang jalannya bisnis Anda.

Baca Juga: Hitung Keuntungan dari Usaha Salad Bar

3. Promo Buy 1 Get 1

Promo Buy 1 Get 1 juga sangat ampuh menarik perhatian pembeli dan meningkatkan order di toko anda. Terbukti hingga saat ini, banyak brand kecil maupun besar yang kerap menggunakan jenis promosi ini.

4. Paket Bundling

Paket bundling cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan produk lama. Seringnya, promo ini memberikan paket yang memasangkan produk terlaris dengan produk lama penjual dengan harga yang sangat menarik.

5. Kode Promo/ Kode Referral

Kode promo/ kode referral cukup ampuh menarik perhatian pembeli. Anda bisa membuat kode promo sendiri sehingga pembeli bisa berbelanja menggunakan kode promo tersebut.

Jika anda memiliki dana lebih, Anda bisa menggunakan influencer untuk mempromosikan kode referral kepada pembeli.

6. Gift Box

Sistem dari Gift Box yaitu ketika pembeli membeli suatu produk, maka mereka akan mendapatkan produk lain dalam bentuk hadiah atas pembelian yang sudah dilakukan.

Biasanya produk yang diberikan ada hubungannya dengan produk yang mereka beli.

7. Flash Sale

Siapa di sini pejuang flash sale? strategi promosi yang digunakan oleh banyak penjual. Flash sale memberikan diskon “gila-gilaan” dengan produk yang tersedia dalam waktu yang sangat singkat.

Promo sejenis ini biasanya berlangsung selama 1-2 jam. Tetapi jika produk itu banyak diburuh pembeli, maka dalam hitungan menit bakal habis.

Nah, itulah 7 tipe promosi yang paling disukai oleh pembeli. Jadi, promosi mana yang akan anda pakai? Ayo persiapkan toko anda!

Selanjutnya: Moms, Pahami Cara Menabung Emas Batangan dan Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News