CLOSE [X]
ads

Hadirkan Ruangan yang Kedap Suara, Simak Trik Membuatnya!

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 22 Mei 2022 | 11:00 WIB
Hadirkan Ruangan yang Kedap Suara, Simak Trik Membuatnya!


MOMSMONEY.ID - Selain kebersihan dan kerapian rumah, suara merupakan salah satu hal yang menentukan kenyamanan seseorang saat berada di rumah. Jika lingkungan sekitar Anda terlalu berisik, baik di dalam maupun luar rumah, momen beristirahat dan bersantai di rumah akan terasa kurang nyaman.

Jika Anda termasuk orang yang membutuhkan ketenangan di rumah, tak ada salahnya untuk membuat ruangan yang kedap suara. Karena sifatnya yang menyerap suara, rumah Anda akan terasa lebih tenang.

Nah, kira-kira bagaimana caranya membuat ruangan yang kedap suara di rumah? Simak trik-triknya berikut ini, yuk!

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Menggunakan AC, Bikin Boros Listrik!

Gunakan pintu dari bahan solid

Pintu rumah terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada pintu dengan bagian tengah yang kosong, hingga pintu yang terbuat dari bahan solid (padat) tanpa ada rongga di bagian tengahnya.

Dilansir dari Bobvila, pintu yang terbuat dari bahan kayu solid dapat membantu menyerap dan memblokir suara, sehingga menjadikan ruangan di dalamnya kedap suara.

Tutup celah di pintu

Selain menggunakan pintu solid, Anda juga dapat menutup celah-celah yang ada di pintu untuk membantu memblokir suara yang keluar-masuk ruangan.

Sebab, suara dapat masuk ke suatu ruangan melalui celah-celah tertentu, termasuk celah bawah pintu. Gunakan alat khusus bernama stripping pintu untuk membantu menutup celah yang ada di bawah pintu rumah.

Atur posisi furnitur

Tidak punya budget untuk membeli stripping pintu atau panel akustik khusus untuk menyerap suara? Tak perlu risau, Anda tetap dapat memblokir suara di rumah dengan menggunakan furnitur.

Faktanya, furnitur yang terbuat dari bahan solid dan berat seperti kayu dapat berfungsi sebagai sound absorber sehingga dapat membuat ruangan menjadi kedap suara. Caranya, tempatkan furnitur seperti lemari pakaian atau rak buku di sisi dinding yang dekat dengan sumber suara, misalnya jalanan di depan rumah.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Dehumidifier Portable, Bantu Cegah Udara Lembap dan Jamur!

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER