Santai

Hadirkan Konten Ramadan, Spotify Kembali Luncurkan Ramadan Hub

Hadirkan Konten Ramadan, Spotify Kembali Luncurkan Ramadan Hub

MOMSMONEY.ID - Spotify kembali meluncurkan Ramadan Hub untuk para pengguna. Ramadan Hub sudah diperbaharui, Spotify menghadirkan pengalaman yang lebih menyeluruh dan interaktif dengan konten-konten dari artis dan podcaster Indonesia.

Saat ini, pengguna sudah bisa mengakses Ramadan Hub begitu masuk ke aplikasi. Dan, pengguna sudah dapat mengakses konten pra-Ramadan serta cuplikan konten-konten yang menggambarkan konten yang akan didapatkan pada 22 Maret nanti.

Menurut Gautam Talwar, Managing Director Spotify APAC, Ramadan Hub memang sebuah langkah besar yang dihadirkan oleh Spotify. Ada berbagai hal lebih atraktif yang dihadirkan di Ramadan Hub kali ini. Bahkan, banyak pengalaman baru dan fitur-fitur yang ditingkatkan.

"Bukan hanya itu, kami akan menghadirkan konten-konten Ramadan Hub ini untuk seluruh masyarakat selama ramadan secara  gratis," katanya dalam unggahan Bareng Spotify, Rabu (15/3).

Konten-konten dalam Ramadan Hub hadir dalam tema dan format yang beragam, seperti kutipan harian, musik, playlist, dan konten podcast untuk mengisi setiap momen selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Aplikasi Jual Beli Fashion Premium Semakin Diminati Orang

Spotify juga telah meluncurkan deretan konten eksklusif bersama artis dan podcaster lokal melalui "Spotify Clips" yang menginspirasi pendengar tentang bagaimana mereka merayakan Ramadan di Spotify.

Pendengar dapat menikmati lagu-lagu dari artis lokal, seperti Afgan, Vidi Aldiano, Raissa Anggiani, Nadin Amizah, Hanin Dhiya, dan juga podcasters seperti RAPOT, Podcast Ancur, Kita dan Waktu, dan GJLS.

Pengguna akan dapat dengan mudah mengakses pilihan playlist populer yang dikurasi khusus seperti Refleksi Diri dan Salam, serta playlist baru mulai tanggal 22 Maret mendatang seperti OTW Iftar dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menikmati playlist yang dipersonalisasi khusus dengan tema Ramadan, yakni Your Ramadan 2023. Playlist ini dikurasi oleh tim Editorial Musik dan algoritma Spotify berdasarkan dengan preferensi yang unik dari tiap- tiap pengguna.

Ramadan Hub akan menawarkan kumpulan konten spesial Ramadan terbaru dari deretan kreator Spotify Exclusive seperti PODKESMAS, Podcast Ancur, Podcast Mendoan, GJLS, Kita dan Waktu, RAPOT, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 25 Gambar Poster Ramadhan 2023 Gratis, Desain Menarik dan Estetik

Menanggapi hal ini, Omesh dari Podkesmas menuturkan, pihaknya akan menyajikan epidose-epiosde khusus ramadan, dengan mendapatkan pencerahan dari ustad dan kisah inspiratif dari pendengar.

Dia juga memandang positif adanya Ramadan Hub yang dihadirkan Spotify. "Adanya Ramadan Hub mempermudah kita untuk lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa," tuturnya.

Selama Ramadan, tingkat pengguna yang mendengarkan Spotify memang mengalami peningkatan. Spotify mencatat, terjadi peningkatan sebesar 41% pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya dalam streaming konten khusus ramadan.

"Sebanyak 26% dari streaming konten Ramadan cenderung terjadi pada pukul 15.00-17.00," ujar Gautam.

Dia menjelaskan, tren mendengarkan konten audio di Spotify akan sesuai dengan budaya setempat. Selama Ramadan, Spotify juga melihat adanya peningkatan jumlah streaming khususnya di awal dan akhir bulan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News