HOME, Keluarga

Hadirkan Harmoni, Ini Tips Feng Shui untuk Rumah yang Menghadap Utara

Hadirkan Harmoni, Ini Tips Feng Shui untuk Rumah yang Menghadap Utara

MOMSMONEY.ID - Setiap rumah memiliki bagian depan yang menghadap ke arah mata angin berbeda-beda. Ada rumah yang menghadap ke utara, selatan, timur, hingga barat.

Dalam feng shui, arah rumah ini cukup penting. Sebab, energi chi akan masuk dan mengalir ke rumah lewat bagian depan rumah. Jadi, feng shui perlu disesuaikan dengan lokasi rumah tersebut.

Nah, jika rumah Anda menghadap ke utara, bagaimana cara menata rumah yang sesuai dengan feng shui supaya energi chi bisa hadir? Berikut tipsnya.

Baca Juga: Ini Dia Tips Dekorasi Rumah Berdasarkan Shio Anda, Yuk Simak!

Gunakan warna yang tepat untuk pintu rumah

Setiap arah mata angin memiliki elemen masing-masing. Untuk pintu rumah yang menghadap ke utara, elemen yang digunakan adalah elemen air.

Dikutip dari The Spruce, elemen air identik dengan warna hitam. Jadi, Anda dapat menggunakan warna ini pada pintu rumah yang menghadap utara supaya selaras dengan elemen air.

Selain terlihat netral dan cantik, pintu warna hitam dipercaya dapat menyerap banyak energi chi yang baik untuk rumah. Jika Anda kurang menyukai warna hitam, coba gunakan warna abu-abu gelap atau warna navy blue.

Tambahkan elemen air

Jika Anda tidak ingin mengganti warna pintu rumah, elemen air tetap bisa dihadirkan lewat penggunaan unsur-unsur yang berkaitan dengan elemen ini.

Dilansir dari ehow.com, Anda dapat menghadirkan elemen air di sekitar pintu rumah dengan cara membuat kolam ikan atau air mancur di dekat pintu, menggantung lukisan ikan, meletakkan akuarium, hingga menambahkan dekorasi dengan motif garis-garis bergelombang.

Baca Juga: Mengenal 5 Elemen yang Ada Dalam Feng Shui, Apa Saja?

Perhatikan area di dalam pintu

Supaya energi chi dapat mengalir dengan lancar ke dalam rumah, area di bagian dalam pintu perlu diperhatikan dengan baik.

Melansir Home Guides SF Gate, pintu rumah sebaiknya mengayun ke bagian dalam rumah. Selain itu, area di sekitar pintu juga perlu dikosongkan sehingga chi bisa masuk dengan bebas.

Tambahkan cermin jika Anda ingin memberi kesan ruangan yang luas, tapi jangan sampai cermin tersebut memantulkan pintu supaya chi tidak mengalir keluar.

Baca Juga: Ini Cara Menata Dapur ala Feng Shui, Rezeki Dijamin Mengalir Lancar!

Jaga kebersihan di sekitar pintu

Tak hanya di dalam, area di luar pintu juga perlu dijaga untuk menarik chi masuk ke dalam rumah.

Ada beberapa cara untuk menjaga kondisi pintu dan area di sekitarnya. Misalnya, pastikan area di sekitar pintu bersih dan terbebas dari barang-barang yang berserakan. Tambahkan lampu teras yang terang dan ganti secara rutin.

Selain itu, minyaki engsel pintu jika sudah berderit supaya pintu bisa terbuka dengan lancar. Lalu, bersihkan pintu secara rutin supaya tidak cepat pudar dan senantiasa terlihat cantik.

Itulah beberapa tips feng shui yang bisa Anda terapkan pada rumah yang menghadap ke utara. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News