Santai

Habiskan Biaya Ratusan Triliun Rupiah, Begini Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Habiskan Biaya Ratusan Triliun Rupiah, Begini Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

MOMSMONEY.ID - Moms, mengutip laporan outkick.com, biaya prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II bakal menghabiskan biaya 6 miliar poundsterling atau setara Rp 103 triliun.

Angka ini cukup fantastis mengingat kondisi ekonomi Inggris sedang tidak baik-baik saja. Lalu, dengan biaya tersebut, seperti apa sih prosesinya?
 

Jenazah Ratu Elisabeth II dipindahkan ke Edinburgh

Jenazah Ratu Elizabeth II telah tiba di Edinburgh pada Minggu, 11 September 2022 pukul 10.00 waktu setempat. Proses pemindahan jenazah Ratu Elizabeth II dilakukan melalui perjalanan darat selama 6 jam. Melansir bbc.com, perjalanan ini menempuh jarak 280 km. 

Baca Juga: The Crown dan 4 Tontonan Biografi Ini Ungkap Kehidupan Queen Elizabeth II!

Jenazah Ratu Elizabeth II akan diletakan di Istana Holyroodhouse yang menjadi tempat tinggal resmi raja Inggris di ibu kota Skotlandia. Sementara itu, Raja Charles III, anak dari mendiang Ratu Elizabeth akan bertemu dengan para Sekretaris Jenderal Persemakmuran Inggris di Istana Buckingham, London. Dia juga akan menjamu para Komisaris Tinggi yang hadir. 

Jenazah Ratu Elizabeth II dipindahkan ke Katedral St Giles

Kemudian pada Senin, 12 September 2022 Raja Charles III akan memulai kunjungannya sebagai raja ke Westminster Hall untuk bertemu dengan para parlemen yang akan mengucapkan bela sungkawa.

Ditemani oleh istrinya, Camilla, Raja Charles III kemudian akan melakukan Operation Spring menuju Edinburgh. Operation Spring adalah istilah yang digunakan kerajaan Inggris untuk perjalanan pertama melakukan kunjungan di empat negara Inggris sebagai raja. 

Di sore hari, jenazah Ratu Elizabeth II akan menuju Katedral St Giles ditemani Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan. Di tempat ini masyarakat Inggris diperbolehkan melihat jenazah Ratu Elizabeth II untuk memberikan penghormatan terakhir.

Setelah itu Raja Charles akan kembali ke Istana Holyroodouse untuk bertemu dengan Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon, serta melakukan beberapa prosesi lainnya. Kemudian diakhir dengan kembali ke Katedral St Gile untuk memberi penghormatan terakhir dengan para anggota keluarga kerajaan. 

Baca Juga: Perjalanan Ratu Elizabeth II Hingga Menjadi Pemimpin Kerajaan Inggris

Ditemani Putri Anne Menuju Istana Buckingham

Pada Selasa, 13 September 2022 jenazah Ratu Elizabeth II akan diterbangkan dari Katedral St Giles Edinburgh untuk dibawa ke Istana Buckingham. Putri Anne yang merupakan putri satu-satunya mendiang Ratu Elizabeth II akan menemani perjalanan jenazah sang ibu menuju Edinburgh.

Di istana Buckingham, jenazah Ratu Elizabeth II akan diistirahatkkan di Bow Room. Pada malam harinya, Raja Charles III dan istrinya akan mengadakan kebaktian di Katedral St Anne sebelum kembali ke London.

Prosesi ke Westminster Hall

Pada Rabu, 14 September 2022 jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa ke Westminster Hall dengan prosesi kerajaan yang bisa disaksikan oleh masyarakat umum. Jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa menggunakan kereta kuda kerajaan disertai dengan parade militer dan dipimpin oleh Raja Charles.

Masyarakat dapat menyaksikan di sepanjang Queen’s Gardens, The Mall, Horse Guards and Horse Guards Arch, Whitehall, Parliament Street, Parliament Square dan New Palace Yard. 

orba d screpte of UK Kingdom

Prosesi ini akan memakan waktu 40 menit. Selama prosesi juga akan dipasang layar besar di Royal Parks. Setelah sampai di Westminster Hall, peti mati akan diletakan di suatu tempat tinggi yang bernama catafalque yang di atasnya terdapat mahkota negara bagian, orb dan tongkat kerajaan.

Kemudian Uskup Canterbury Justin Welby akan mengadakan misa yang dihadiri keluarga kerajaan sebelum aula dibuka untuk umum. Jenazah Ratu Elizabeth akan berada di Westminster Hall selama empat hari. 

Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Westminster Abbey

Ratu Elizabeth II akan dimakamkan pada Senin, 19 September 2022 di Kapel St George. Kapel ini merupakan kapel memoriam untuk Raja George VI. Sebelum disemayamkan, akan ada upacara pemakaman di Westminster Abbey, dilanjutkan ke Wellington Arch dan berlanjut ke Kapel St George di dalam Kastil Windstor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News