Keluarga

Gunung Semeru Erupsi, Ini 6 Cara Menyelamatkan Diri dari Letusan Gunung Berapi

Gunung Semeru Erupsi, Ini 6 Cara Menyelamatkan Diri dari Letusan Gunung Berapi

MOMSMONEY.ID - Gunung Semeru dan Gunung Kerinci mengalami erupsi beberapa hari yang lalu. Tentu saja, ini membuat warga sekitar jadi panik. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi.

Ada beberapa cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi, salah satunya dengan mengetahui apa sajakah potensi bencana yang dihasilkan, mulai dari lava hingga abu vulkanik.

Langsung saja, simak beberapa cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi, melansir dari laman Mental Floss dan Arc Serve, selengkapnya:

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 Sudah Dibuka, Ini Syarat & Alur Pendaftaran Terlengkap

Menjauh jika ada lava

Cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi bisa dilakukan dengan menjauhkan diri dari lahar & lava.

Dikutip dari Kompas.com, lava merupakan magma (batuan yang meleleh berasal dari kerak bumi) yang telah mencapai permukaan bumi dan mengalir keluar dari gunung berapi.

Sementara lahar adalah lava yang mengalir di permukaan bumi dan telah tercampur dengan air, lumpur, dan bebatuan.

"Lava pada dasarnya adalah buldoser panas yang mengalir sangat cepat dan berubah menjadi lahar. Umumnya dapat menyebabkan korban jiwa karena orang-orang terlambat mengungsi," ucap Dr Janine Krippner, ahli vulkanologi, dilansir dari laman MentalFloss.

Baca Juga: Apa Itu Umami? Ini Dia 7 Makanan Penghasil Rasa Umami

Apabila Anda tinggal di sekitaran gunung berapi, maka disarankan untuk mengungsi secepat mungkin, karena aliran lahar dapat menghancurkan rumah Anda dan menyapu seluruh kota.

Lahar biasanya tetap panas dalam waktu yang cukup lama. Kalaupun lahar berubah jadi endapan tebal, tetap saja lahar masih menghasilkan gas yang suhunya ratusan derajat Celcius.

Sehingga, satu-satunya cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi adalah dengan berlari menjauh secepat mungkin.

Baca Juga: Susah Hamil? Ternyata Ini 5 Jenis Makanan yang Menghambat Kesuburan

Tutup jendela jika melihat awan abu

Jika Anda melihat awan abu, segera tutuplah jendela rumah Anda. Ini karena awan abu tersebut adalah abu vulkanik. Menutup jendela jadi salah satu cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi bisa Anda lakukan.

Abu vulkanik dapat menyebar lebih jauh daripada lava bahkan hingga berbulan-bulan lamanya. Letusan besar dapat menghasilkan banyak abu vulkanik yang dapat menghancurkan bangunan sekitarnya karena bahannya yang berat dan bersifat korosif.

Erupsi gunung berapi pun dapat menghasilkan aliran piroklastik, yakni campuran gas dan fragmen vulkanik yang bergerak sangat cepat yang dapat mencapai suhu ribuan derajat.

Aliran piroklastik ini dapat membuat cairan tubuh pada tubuh makhluk hidup menguap sehingga menyebabkan kematian.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi daripada Susu

Ketahui masalah lainnya dari erupsi

Erupsi gunung berapi tak hanya menyebabkan lahar dan abu vulkanik saja, tapi juga balistik.

Balistik merupakan bebatuan yang terlempar keluar dari gunung berapi dan dapat menempuh jarak hingga beberapa kilometer jauhnya. Jika bebatuan ini jatuh, maka akan sangat panas dan dapat memicu kebakaran jika jatuh di atas bangunan.

Cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi, terutama balistik adalah tetap terus mendengarkan arahan dari tim penyelamat dan tidak boleh panik. Segera ungsikan diri ke jarak aman agar Anda tak terkena balistik.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Matikan kipas

Saat erupsi gunung berapi tengah berlangsung, matikan kipas dan sistem pemanas maupun pendingin udara.

Sebab, abu vulkanik dapat masuk ke dalam lubang-lubang terkecil sekalipun, termasuk pada ventilasi udara. Ini adalah salah satu cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi.

Bawa hewan peliharaan & ternak

Saat akan mengungsi ke tempat aman, jangan lupa bawa seluruh hewan peliharaan dan hewan ternak Anda. Apabila anda kesulitan, mintalah pertolongan kepada tim penyelamat untuk dapat menyelamatkan hewa-hewan kesayangan Anda.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Memilih Udang Segar, Lihat Warna Hingga Kulitnya

Ikuti instruksi pemandu

Salah satu cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi adalah dengan terus mengikuti berbagai arahan yang dikeluarkan tim penyelamat atau pemandu di sekitaran Anda. Para pemandu ini sudah sangat berpengalaman dalam menangani erupsi unung berapi.

Itulah beberapa cara menyelamatkan diri dari erupsi gunung berapi. Tetaplah waspada, jangan panik, dan ikuti intruksi tim penyelamat apabila gunung berapi di wilayah Anda meletus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News