HOME, Keluarga

Gunakan Baking Soda untuk Membersihkan Benda Ini, Dijamin Manjur!

Gunakan Baking Soda untuk Membersihkan Benda Ini, Dijamin Manjur!

MOMSMONEY.ID - Baking soda atau soda kue adalah salah satu bahan yang biasanya digunakan sebagai campuran adonan kue.

Selain dapat membantu mengembangkan adonan kue, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah, lo. Pasalnya, baking soda memiliki sifat yang ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap dan mengangkat noda.

Jadi, tak heran bila Anda menemukan berbagai resep produk pembersih buatan sendiri yang menggunakan baking soda. Selain mudah didapat, baking soda juga dianggap lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan produk pembersih konvensional buatan pabrik.

Baca Juga: 5 Problem yang Kerap Terjadi di Kamar Mandi dan Penyebabnya

Namun, hanya benda-benda tertentu saja yang bisa dibersihkan dengan baking soda, karena bahan ini sebenarnya bersifat abrasif dan dapat merusak rumah jika digunakan sembarangan.

Nah, kira-kira benda apa saja yang boleh dibersihkan dengan baking soda? Berikut penjelasannya.

Oven dan microwave

Dikutip dari Allrecipes, baking soda dapat membantu menyingkirkan sisa-sisa minyak, lemak, dan kotoran lainnya yang menempel di permukaan oven dan microwave.

Caranya pun cukup mudah. Untuk oven, campurkan baking soda dan air sehingga membentuk pasta, lalu oleskan ke bagian dalam oven dan semprotkan dengan cuka. Diamkan selama beberapa menit, lalu lap dengan spons atau kain bersih.

Sementara itu, untuk membersihkan microwave, taburkan baking soda pada permukaan spons dan gosokkan spons tersebut ke bagian dalam microwave dengan lembut. Bersihkan sisa baking soda yang masih menempel dengan spons baru atau kain bersih.

Karpet dan tirai jendela

Karpet dan tirai jendela di rumah Anda berbau apek dan kotor? Untuk membantu menyegarkannya kembali, coba tambahkan baking soda saat Anda membersihkan keduanya.

Dilansir dari Homes and Gardens, siapkan botol semprot kosong, air panas sebanyak setengah volume dari isi botol, dua sendok teh baking soda, dan pelembut pakaian sebanyak satu tutup botol. Campurkan air, baking soda, dan pelembut pakaian, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah didiamkan dan tercampur rata, semportkan pada karpet dan tirai jendela dengan jarak kira-kira 20 cm.

Baca Juga: 4 Ide Menata Taman Belakang Rumah yang Minimalis dan Cantik

Piring dan gelas keramik

Gelas keramik yang terkena noda kopi dan teh memang terlihat kurang menarik dan sulit dibersihkan dengan air dan sabun biasa. Namun, baking soda bisa membantu membuat piring dan gelas keramik Anda kembali kinclong seperti semula.

Caranya, taburkan baking soda pada scouring pad, lalu gosokkan pada gelas atau piring yang ingin dibersihkan selama kurang lebih lima menit. Setelahnya, bilas gelas atau piring tersebut untuk menyingkirkan sisa-sisa baking soda.

Saluran air

Saluran air pada wastafel, bathtub, atau kamar mandi yang mampet dapat terasa menyebalkan, karena kerap menyebabkan bau tidak sedap dan membuat air susah terbuang.

Untuk mengatasinya, tuangkan air panas ke saluran air tersebut, lalu taburkan baking soda sebanyak setengah cangkir. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air panas. Saluran air pun akan kembali lancar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Wastafel yang Mampet, Bisa Pakai Bahan Dapur!

Pakaian kotor

Pakaian yang kotor kerap berbau apek dan tidak sedap. Anda bisa menambahkan baking soda pada cucian setiap kali mencuci pakaian kotor untuk membantu mengatasi kotoran dan bau tidak sedap.

Selain menyingkirkan kotoran dan bau tidak sedap, baking soda juga dapat membantu menjaga warna cerah pada pakaian Anda, lo.

Lantai ubin

Lantai ubin kerap terlihat kurang menarik karena jamur dan kotoran yang terkumpul di bagian nat atau sambungannya, terutama di area seperti dapur dan kamar mandi.

Supaya lantai ubin Anda selalu bersih, coba gunakan campuran baking soda dengan hidrogen peroksida dengan campuran 2:1, lalu gosokkan ke permukaan lantai dan nat dengan sikat gigi bekas. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Kulkas

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk menyingkirkan bau tidak sedap di tempat tertentu, misalnya di dalam kulkas.

Caranya, tuang baking soda di atas wadah kecil (misalnya toples atau mangkuk), lalu tempatkan wadah tersebut di dalam kulkas. Baking soda tersebut akan menyerap bau makanan yang menyengat, sehingga membuat kulkas terasa segar kembali.

Itulah beberapa benda yang bisa dibersihkan dengan baking soda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News