HOME, Santai

Gunakan 4 Cara Ini Untuk Bantu Kurangi Waktu Bermain Gadget Agar Tidak Kecanduan

Gunakan 4 Cara Ini Untuk Bantu Kurangi Waktu Bermain Gadget Agar Tidak Kecanduan

MOMSMONEY.ID - Ketagihan bermain sosial media maupun bermain gadget bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh dan juga mental.

Maka dari itu penting untuk bisa mengontrol waktu bermain gadget dan sosial media untuk menghindari terjadinya kecanduan.

Cara-cara berikut ini bisa diterapkan untuk mengurangi waktu bermain atau kecanduan bermain gadget maupun bermain sosial media.

Baca Juga: Apa Itu Gaya Hidup JOMO? Bagaimana Cara Mendapatkannya? Simak Penjelasannya!

Mengatur batasan waktu

Cara pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan mengatur batasan waktu bermain sosial media. Beberapa aplikasi sosial media dan ponsel memberikan pengaturan yang bisa membatasi penggunaan waktu aksesnya.

Dari sini, pengguna bisa mengatur berapa lama batas waktu yang diinginkan untuk bisa mengakses aplikasi atau bermain ponsel dalam sehari. Cara ini merupakan cara yang efektif dicoba untuk mengurangi waktu bermain ponsel.

Hindari membawa gadget ke tempat tidur

Laman Bustle menyatakan bahwa kesalahan pertama yang bisa membuat seseorang menjadi kecanduan gadget adalah karena membawanya bahkan saat ingin tidur di malam hari.

Menurut sebuah penelitian dari Harvard Health, blue light atau cahaya dari layar ponsel atau gadget dapat mengganggu kualitas tidur dan memicu gangguan kesehatan juga. Sehingga, untuk bisa mengurangi waktu bermain ponsel, jauhkan ponsel setidaknya dua jam sebelum tidur.

Baca Juga: Mau Melakukan Decluttering di Kamar Tidur? Simak Tipsnya di Sini!

Hapus sosial media

Menghapus sosial media yang memberikan efek kecanduan dan kurang bermanfaat juga bisa digunakan sebagai salah satu cara efektif mengurangi waktu bermain gadget.

Laman Buzz Feed menyarankan agar menghapus sosial media yang bisa mengganggu dari ponsel dan mulai beralih ke laptop ketika ingin mengeceknya sesekali. Jadi, waktu bermain ponsel maupun gadget bisa menjadi lebih terkontrol.

Matikan notifikasi

Jika ponsel yang dimiliki memiliki pengaturan untuk mematikan notifikasi, maka gunakan pengaturan tersebut untuk membantu mengurangi waktu bermain gadget.

Mematikan notifikasi bisa membuat kecenderungan untuk selalu mengecek ponsel menjadi berkurang.

Dengan begitu, kegiatan atau aktivitas lainnya bisa dilakukan dengan fokus dan nyaman tanpa ada keinginan untuk selalu mengecek ponsel setiap saat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News