Santai

Grab Sediakan Fitur Keselamatan Pengguna, Telepon Bebas Pulsa hingga Lacak Perjalanan

Grab Sediakan Fitur Keselamatan Pengguna, Telepon Bebas Pulsa hingga Lacak Perjalanan

MOMSMONEY.ID - Grab terus mengembangkan berbagai fitur layanan transportasi. Kini, Grab sediakan 20 fitur keselamatan pada aplikasi untuk melindungi pengguna selama di perjalanan.

Chief Communications Officer, Grab Indonesia, Mayang Schreiber mengatakan, prioritas utama Grab adalah memberikan perlindungan selama perjalanan. Menurutnya, ini tercermin dari upaya Grab untuk menyematkan beragam fitur keselamatan dengan pemanfaatan teknologi guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna.

"Kami menggandeng lembaga resmi bersertifikasi untuk memberikan pelatihan mengenai tindak pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual hingga konseling pasca perjalanan bagi pengguna yang membutuhkan. Harapannya, ini dapat menciptakan rasa percaya aman saat menggunakan layanan Grab," ujar Mayang dalam keterangan tertulis, Senin (14/11).

Dari seluruh fitur keamanan tersebut, 5 di antaranya adalah layanan telepon bebas pulsa, fitur chat dengan sensor kata otomatis, dan fitur bagikan informasi perjalanan. Ada pula fitur untuk memastikan penumpang berada dalam rute yg sesuai, hingga sistem pengingat waktu istirahat bagi mitra pengemudi yang terdeteksi telah bekerja terlalu lama guna mencegah kelelahan dalam berkendara.

Baca Juga: Terbang dengan Super Air Jet, Ini Jadwal Penerbangan Balikpapan-Tarakan

Inilah rincian dari 5 fitur keselamatan tersebut:

- Layanan telepon bebas pulsa: menggunakan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) sehingga komunikasi antara penumpang dan mitra pengemudi tidak hanya tetap terjaga privasinya tapi juga bebas biaya.

- Fitur chat dengan sensor kata otomatis: Dengan teknologi machine learning, fitur chat Grab dapat secara otomatis memblokir kata-kata sensitif atau tidak pantas.

Selain itu, ada pula tim quality assurance yang secara khusus memantau percakapan dan melakukan pemblokiran untuk kata-kata sensitif atau tidak pantas antara penumpang dan mitra pengemudi yang belum terdaftar pada aplikasi atau tulisan yang dimodifikasi.

- Bagikan informasi perjalanan: Informasi mengenai status perjalanan penumpang secara real time yang dapat dibagikan ke keluarga atau kerabat penumpang dalam format tautan atau link untuk memantau perjalanan status perjalanan, status mitra pengemudi, hingga pelacakan untuk perjalanan yang sedang berlangsung.

- Sistem pengecekan jika perjalanan tidak sesuai: Grab akan otomatis mengirimkan pesan untuk mengecek jika perjalanan yang terdeteksi berhenti tiba-tiba atau ke luar rute yang ditentukan berdasarkan pantauan sinyal GPS atau kondisi lalu lintas.

- Sistem pengingat bagi mitra pengemudi untuk beristirahat: Otomatis dikirimkan kepada mitra pengemudi yang terdeteksi telah bekerja/mengemudi melebihi waktu tertentu untuk menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan.

Tak hanya membantu penumpang, salah satu mitra pengemudi Grab, Kasdi, mengaku terbantu dengan adanya fitur keselamatan Grab. Salah satunya sistem pengingat otomatis untuk beristirahat.

“Ketika sedang narik, saya kerap lupa waktu dan fokus untuk menyelesaikan pesanan sebaik mungkin. Ketika saya sudah terlalu lama narik, Grab secara otomatis langsung memberikan peringatan untuk beristirahat melalui aplikasi yang akan terus muncul dan hanya dapat dimatikan ketika saya sudah offline. Sangat membantu kami para mitra agar dapat istirahat cukup demi keamanan dan keselamatan bersama," ujar Kasdi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News