Santai

Google PHK 12.000 Karyawan, 12 Perusahaan Teknologi Tidak Kurangi Pekerja

Google PHK 12.000 Karyawan, 12 Perusahaan Teknologi Tidak Kurangi Pekerja

MOMSMONEY.ID - Google PHK 12.000 karyawan, bila dijumlah dengan PHK yang Microsoft dan Amazon lakukan, maka 40.000 orang kehilangan pekerjaan. Lalu, apakah perusahaan teknologi lainnya juga akan terdampak?

Meski Google PHK 12.000 karyawan, melansir Business Insider, masih ada 12 perusahaan teknologi yang tidak melakukan PHK masal dalam 6 bulan terakhir. Ke-12 perusahaan tersebut termasuk Apple dan LinkedIn. 

Baca Juga: Google PHK Massal 12.000 Karyawan, Tambah Daftar Panjang PHK Amazon & Microsoft

Daftar 12 perusahaan termasuk Apple dan LinkedIn yang tidak melakukan PHK dalam 6 bulan terakhir

1. Nvidia

Merupakan perusahaan chips untuk video games, crypto mining, dan desktop komputer. Perusahaan ini juga berinvestasi di artificial intelligence.

Perusahaan ini didirikan oleh CEO-nya Jensen Huang dan berkantor pusat di Santa Clara, AS. Nvicia diketahui tidak melakukan rekurtmen selama ekonomi melambat, kini malah tengah membuka 1.000 lowongan pekerjaan berdasarkan LinkedIn. 

2. Apple

Banyak warga net memuji tindakan Tim Cook yang meminta pemotongan gaji 40% selama 2023 untuk menghindari PHK masal di Apple.

Meski dikabarkan Tim Cook yang meminta, pemotongan gaji untuk mengindari kekhawatiran pemegang saham atas gaji Cook yang sangat tinggi. Meski demikan, Apple diapresiasi karena tindakannya yang menghindari PHK masal. 

Apple menjadi satu-satunya perusahaan teknologi besar yang menghindari PHK masal setelah Google, Microsoft, Meta, dan Amazon. 

3. Cloudflare

Cloudfare adalah perusahaan teknologi yang tidak melakukan PHK dalam 6 bulan terakhir. CEO Cloudflare Matthew Prince baru-baru ini mengatakan kepada Business Insider, perusahaan telah bersiap dengan baik untuk resesi yang akan datang. 

Menurut Prince, perusahaan cloud dan cybersecurity miliknya telah mengenali tanda-tanda perlambartan ekonomi dan memperlambat perekrutan lebih cepat dari beberapa perusahaan besar seperti Amazon, Meta, dan Micorosft. 

"Jika kami merekrut secepat mereka, kami juga akan melakukan PHK," ungkapnya.

4. HubSpot

HubSpot juga tidak melakukan PHK dalam 6 bulan terakhir. HubSpot adalah satu dari beberapa perusahaan software yang menghindari PHK masal. 

Salah satu pesaingnya, Salesforce mengumumkan akan melakukan PHK 10% karyawannya atau setara 8.000 karyawan di awal tahun ini. 

Setelah Twitter mem-PHK 50% karyawannya di November 2022, HubSpot merayu mantan karyawan Twitter untuk bergabung dengan Hubspot.

5. Block

Perusahaan teknologi ini tak melakukan PHK dalam 6 bulan terakhir. Block telah menghindari PHK, meskipun Twitter, perusahaan lain yang didirikan oleh Jack Dorsey telah PHK 50% karyawannya saat Elon Musk mengambil alih. 

Block adalah perusahaan fintech yang memiliki Square, Cash App dan Tidal, yang didirikan oleh Dorsey dan Jim McKelvey pada 2009. 

Baca Juga: Coba Lakukan Setiap Hari, Berikut Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

6. Broadcom

Pada Mei 2022, pembuat cip komputer, Broadcom mengumumkan bakal mengakuisisi perusahaan perangkat lunak VMWare. Meski belum disepakati, beberapa karyawan di kedua perusahaan khawatir kerjasama tersebut mengakibatkan PHK. 

Sejauh ini, belum ada pengumuman PHK di Broadcom, walau beberapa karyawan di VMWare telah meninggalkan perusahaan sejak kesepakatan tersebut diumumkan. 

7. AMD

Pembuat cip AMD mengalami hambatan saat pembatasan ekspor diberlakukan oleh Pemerintahan Presiden AS Joe Biden. Sehingga, AMD tak bisa menjual peralatan ke China. Namun, AMD tidak melakukan PHK dalam 6 bulan terakhir.

Meskipun begitu, CEO Lisa Su sangat optimis ketika berbicara soal bisnisnya di Fortune’s Most Powerful Women Summit. Dia merasa luar biasa tentang masa depan industri. 

"Kami memiliki banyak rencana ke depan. Apa yang kami hasilkan dalam lima tahun ke depan? Itu benar-benar membantu kami bertumbuh semampu yang kami bisa,” katanya.

8. Palo Alto Networks

Palo Alto Networks belum melakukan PHK masal yang telah banyak dilakukan pesaingnya di perusahaan cybersecurity dan cloud space

Pada 2020, saat banyak perusahaan mulai PHK di tengah ketakutan pandemi, CEO Palo Alto Networld Nikesh Arora mengumumkan, dia akan melepas gajinya unuk menghindari PHK. 

Baca Juga: Cara Mengganti Tema DM Instagram biar Lebih Estetik dan Berwarna

9. Crowdstrike

Crowdstrike adalah perusahaan cybersecurity yang juga belum melakukan PHK dalam 6 bulan terakhir. 

"Saat Anda berpikir soal keamanan, itu lah yang dibutuhkan oleh perusahaan. Faktanya, saat kita melihat penurunan ekonomi, dan Anda melihat PHK massal, ini saatnya banyak perusahaan mendapatkan eksposur besar, dan ini saatnya pesaing melanjutkan serangan mereka tanpa henti," sebut CEO George Kurtz. 

10. Box

Meski ekonomi melambat, Box justru membukukan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Mungkin ini yang membuat Box tidak melakukan PHK dalam 6 bulan terakhir.

Perusahaan cloud storage yang didirikan oleh sang CEO Aaron Levie pada 2005, baru-baru ini membukukan pendapatan US$ 250 juta, 12% lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. 

11. LinkedIn

LinkedIn adalah platform sosial media yang banyak digunakan para pekerja di perusahaan teknologi mengumumkan PHK dan terbuka untuk pekerjaan baru. Namun, platform ini tidak melakukan PHK dalam 6 bulan terakhir.

Bulan ini, Direktur Operasional LinkedIn Daniel Shapero mengatakan, ini masih jadi waktu yang tepat untuk bekerja di bidang teknologi meskipun ada gelombang PHK massal.

"Banyak sektor teknologi mungkin menghadapi hambatan, masih ada kesenjangan yang besar antara pasokan keterampilan digital dan permintaan untuk keterampilan tersebut di pasar di seluruh dunia," ujarnya dalam The Nastional’s Business Extra Podcast.

12. Moonpay

Moonpay adalah salah satu dari beberapa pemain besar di kripto yang belum mengumumkan rencana PHK masal, di tengah jatuhnya harga crypocurrency dan dampak dari kebangkrutan FTX. 

Moonpay adalah perusahaan fintech yang menyediakan layanan jual-beli mata uang kripto. 

Demikian informasi daftar perusahaan teknologi yang tidak melakukan PHK di saat Google melakukan PHK masal 12.000 karyawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News