Google Peringati Hari Mangkok Ayam Jago! Ternyata Bukan Berasal dari Indonesia, Loh!

Reporter: Christ Penthatesia
Senin, 12 September 2022 | 07:32 WIB
Google Peringati Hari Mangkok Ayam Jago! Ternyata Bukan Berasal dari Indonesia, Loh!

ILUSTRASI. Mangkok ayam jago adalah salah satu mangkok ikonik yang hampir digunakan para pedangan kaki lima, menariknya hari ini Google memperingati Hari Mangkok Ayam Jago.


MOMSMONEY.ID - Ada yang menarik dari tampilan Google pada hari ini, Senin, 12 September 2022. Jika membuka laman Google, maka dapat dilihat adanya tampilan mangkok ayam jago yang legendaris.

Ya, hari ini merupakan hari peringatan lahirnya mangkok ayam jago ikonik ini. Mangkok ayam jago yang banyak digunakan pedagang kaki lima ini ternyata memiliki sejarahnya yang panjang.

Ternyata mangkok ayam jago yang ikonik ini bukan berasal dari Indonesia loh!

Baca Juga: Cari Alat Masak Keramik? Nih Dekoruma Lagi Ada Promo!

Dalam sejarahnya, mangkok bergambar ayam jago ini merupakan mangkok biasa yang digunakan oleh masyarakat China ratusan tahun yang lalu.

Seiring dengan berkembangnya jaman, setelah Perang Dunia II, seorang pedagang asal China di Bangkok memesan mangkok ayam ini untuk dijual.

Hal tersebut disebabkan karena mangkok ini memiliki harga murah pada saat itu. Terutama pada masa perang China dan Jepang yang menyebabkan harga barang-barang menjadi naik.

Sehingga kemudian Thailand menjadi negara pertama yang memproduksi mangkok ayam jago ini.

Sekitar tahun 1957, orang-orang China di Thailand kemudian pindah dan membuka pabrik pembuatan mangkok baru ini di Provinsi Lampang.

Baca Juga: Payudara Bengkak Saat PMS? Atasi Dengan 5 Tips Mudah Ini Saja!

Lampang dipilih karena merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam yang cocok untuk memproduksi barang keramik.

Dari tahun ke tahun kemudian produksi mangkok ayam jago ini semakin meningkat, hingga mampu memberikan kestabilan finansial bagi masyarakat lokal Lampang.

Hingga saat ini pun mangkok ayam jago ini juga masih diproduksi di Lampang. Meskipun kini beberapa pabriknya tidak bisa lagi mempertahankan ke-tradisionalan gaya dan bahan pembuatan.

Tentu saja hal tersebut disebabkan karena mangkok ayam jago original, yang masih menggunakan lukisan tangan menjadi barang langka yang dikoleksi oleh para kolektor barang antik.

Ayam jago pada mangkok ini memiliki simbol sebagai kerja keras. Sedangkan daun pisang dan bunga peony merah yang juga digambarkan pada mangkok ini memiliki simbol mimpi akan keberuntungan yang baik.

Wah, ternyata ada sejarah dan simbol besar dalam mangkok ikonik yang hampir dimiliki seluruh masyarakat Asia ini ya. Anda sudah punya mangkok ayam jago ini belum? Pastikan untuk memiliki mangkok ayam jago asal Lampang ini agar bisa memperoleh keberuntungannya ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TERPOPULER