HOME, Bugar

Gigi Kuning Menggangu Penampilan? Ini 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi Kuning Menggangu Penampilan? Ini 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Memiliki mulut dan gigi yang bersih, dan sehat pasti adalah idaman semua orang. Pasalnya, gigi juga menjadi salah satu hal yang memengaruhi penampilan.

Itulah sebabnya banyak orang yang mencari cara memutihkan gigi, baik secara alami atau medis. 

Namun, apabila gigi Anda sudah terlanjur berubah warna, berikut sejumlah tips sederhana untuk memutihkan gigi secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Buah stroberi

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Operative Dentistry menunjukkan bahwa kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent dalam stroberi dapat membantu mengembalikan warna putih gigi sekaligus menghilangkan plak yang mengganggu. 

Caranya, lumatkan beberapa buah stroberi dan gunakan sebagai pasta gigi ketika kamu membersihkan gigi. Lakukan minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya.

2. Bubuk kunyit

Kunyit memang akan menimbulkan noda membandel pada pakaian, tetapi tidak pada gigi. Bahan alami ini justru menghilangkan noda pada gigi sekaligus mencerahkan warna gigi.

Caranya, basahi sikat gigi dan balurkan bubuk kunyit pada sikat gigi, lalu sikatlah gigi seperti biasa. 

Diamkan hingga lima menit dan bersihkan mulut dengan berkumur. Selanjutnya, sikat kembali gigi dengan pasta gigi yang biasa  dipakai. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Baca Juga: Catat, 9 Nutrisi yang Penting Dikonsumi Anak

3. Baking soda

Baking soda memiliki khasiat pemutih alami, sehingga sering dijadikan bahan dalam produk pasta gigi. Bahan kue ini memiliki sifat abrasif ringan, yang dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Studi yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Dentistry menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi tanpa baking soda.

4. Minyak kelapa

Cara memutihkan gigi selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Meski terdengar asing, ternyata telah banyak orang yang menggunakan bahan alami ini untuk memutihkan gigi.

Minyak kelapa juga disinyalir mampu membuat gigi lebih sehat. Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata pada gigi setelah kamu menyikat gigi dan diamkan hingga 20 menit. Lalu, bersihkan mulut dengan berkumur.

5. Arang

Cara mudah memutihkan gigi yang terakhir adalah dengan arang. Ternyata, arang aktif atau activated charcoal memiliki pori dengan daya serap tinggi untuk mengikat zat yang mampu membuat gigi berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan, seperti misalnya tanin. 

Selain itu, bahan ini juga baik untuk menjaga kadar keasaman mulut serta membantu mencegah karang gigi. Caranya, Anda bisa menggunakan arang aktif dengan menaburkannya di atas sikat gigi atau mencampurkannya dengan air untuk berkumur.

Baca Juga: Konsumsi Bayam Merah untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Beberapa cara memutihkan gigi alami memang sudah terbukti melalui sejumlah penelitian mampu mengikis plak dan noda pada permukaan gigi. Namun, tingkat efektivitas setelah melakukan perawatan ini mungkin tidak seperti yang Anda harapkan.

Maka dari itu, American Dental Association juga menyarankan Anda untuk melakukan prosedur memutihkan gigi melalui perawatan dokter gigi, seperti veneer, dental bonding, gel atau setrip pemutih, atau pasta gigi pemutih yang diresepkan oleh dokter. 

Selanjutnya: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Daun Sereh untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News