Keluarga

Gerakan Bumil Sehat, Percepat Penurunan Kematian Ibu dan Prevalensi Balita Stunting

Gerakan Bumil Sehat, Percepat Penurunan Kematian Ibu dan Prevalensi Balita Stunting

MOMSMONEY.ID - Guna percepatan penurunan angka kematian ibu dan prevalensi balita stunting, pemerintah mencanangkan Gerakan Bumil (Ibu Hamil) Sehat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mencanangkan Gerakan Bumil Sehat di Puskesmas Sikumana, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/12). 

Lewat gerakan ini, para ibu hamil berkomitmen untuk melakukan cek kehamilan sebanyak 6 kali dengan 2 kali di antaranya diperiksa oleh dokter.

Kemudian, konsumsi gizi seimbang sesuai porsinya, meminum tablet tambah darah, mengikuti kelas ibu hamil, serta melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Inilah Vitamin yang Wajib Dipenuhi dan Dikonsumsi Ibu Hamil, Moms Harus Tahu

Hingga saat ini, AKI dan stunting belum mencapai target yang pemerintah tentukan. Yakni, 305 per 100.000 kelahiran hidup (KH) dari target 183 per 100.000 KH di 2024. 

Demikian juga dengan perkiraan prevalensi balita stunting yang saat ini 24,4%, masih jauh dari target 14% pada 2024.

"Bapak Presiden (Joko Widodo) kasih pesan ke saya, dari 305 turun menjadi 183," kata Budi, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Senin (26/12). 

"Jadi, pentingnya Gerakan Bumil Sehat karena kita harus menurunkan kematian ibu dari 305 ke 183 dulu," ujar dia.

Selain menurunkan angka kematian ibu, Budi menambahkan, Gerakan Bumil Sehat juga penting untuk mengurangi stunting. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil

Gerakan Bumil Sehat yang bertepatan dengan peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2022 guna mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan. 

Ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sebagai salah satu upaya pencegahan kematian ibu dan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Maria Endang Sumiwi mengatakan, kegiatan ini didukung dengan keberadaan grup WhatsApp bagi ibu hamil dan bidan kelurahan untuk memudahkan ibu hamil dalam mengakses informasi mengenai kesehatan selama kehamilan. 

"Pekan Gerakan Bumil Sehat telah dimulai pada 14 Desember 2022. Hingga 22 Desember terdapat 1.224 fasilitas kesehatan yang telah berpartisipasi dengan jumlah ibu hamil yang mendapatkan layanan antenatal sebanyak 66.920 ibu hamil," ucap Maria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News