Gempa Sering Mengguncang Wilayah Jawa Barat Beberapa Waktu Terakhir, Mengapa?

Senin, 05 Desember 2022 | 04:05 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa Sering Mengguncang Wilayah Jawa Barat Beberapa Waktu Terakhir, Mengapa?


GEMPA BUMI - JAKARTA. Gempa melanda sejumlah wilayah di Jawa Barat dalam beberapa waktu terakhir. 

Pertama, gempa bumi dengan magnituo 5,6 mengguncang wilayah Cianjur dan sekitarnya pada Senin (21/11/2022). 

Kedua, beberapa hari sesudahnya, yakni pada Sabtu (3/12/2022), gempa bumi magnitudo 6,4 juga mengguncang wilayah Garut dan sekitarnya. 

Tidak hanya gempa dengan skala di atas magnitudo 5,0, sejumlah gempa-gempa kecil juga tercatat terjadi di wilayah Jawa Barat. 

Lantas, apa yang menjadi penyebab gempa-gempa di Jawa Barat? 

Penjelasan BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan mengenai peristiwa ini. 

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Jawa Barat merupakan daerah seismik aktif dan kompleks. Di mana guncangan aktif bisa berasal dari darat maupun laut dengan aktivitas yang cukup intensif. 

“Kalau dihitung-hitung, di antara Pulau Jawa, Jawa Barat yang paling aktif aktivitas gempanya,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (4/12/2022). 

Daryono menambahkan, gempa Jawa Barat sangat kompleks karena terdapat banyak sumber gempa. Sumber gempa yang berasal dari laut yakni ada subduksi, sesar dasar laut, zona megathrust maupun zona intraslab. 

Sumber gempa di Jawa Barat

Sementara untuk sumber gempa yang berada di daratan terdapat banyaknya sesar aktif di Jawa Barat. Sejumlah sesar aktif tersebut seperti Cimandiri, Garut Selatan, Lembang, Padalarang, Balibis, serta masih ada sesar-sesar yang belum terpetakan seperti sumber gempa yang membangkitkan gempa Cianjur. 

“Kalau ternyata banyak gempa, ya memang karena sumbernya banyak,” kata dia. 

Menurutnya, wajar jika gempa terjadi dalam waktu berdekatan ataupun bersamaan. Serta suatu kebetulan ketika gempa aktif secara bersamaan. 

“Mereka itu memiliki sumber sendiri-sendiri, punya akumulasi sendiri-sendiri, punya waktu matang sendiri-sendiri, punya waktu rilis energi sendiri-sendiri,” terangnya. 

“Jadi, itulah fenomena tektonik seperti itu,” tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Belakangan Jawa Barat Sering Diguncang Gempa? Ini Penjelasannya"
Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru