HOME, Bugar

Gejala Pneumonia dan Cara Pencegahannya

Gejala Pneumonia dan Cara Pencegahannya

MOMSMONEY.ID - Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pneumonia bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga berat. Beberapa gejala yang umumnya dialami penderita pneumonia adalah batuk berdahak, demam, dan sesak napas, dikutip dari World Health Organization (WHO)

Pneumonia merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada anak-anak di seluruh dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 15% kematian anak-anak berusia di bawah 5 tahun disebabkan oleh penyakit ini. WHO juga menyatakan bahwa pada tahun 2017, terdapat lebih dari 800.000 anak-anak meninggal akibat pneumonia.

Tanda dan gejala pneumonia bervariasi, dari ringan hingga berat, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kuman penyebab infeksi dan usia seseorang serta kesehatan secara keseluruhan. Tanda-tanda dan gejala ringan sering kali mirip dengan gejala flu atau pilek, tetapi mereka dapat bertahan lebih lama. 

Tanda dan gejala pneumonia dapat meliputi berikut ini yang harus Anda ketahui.

1. Nyeri dada saat bernapas atau batuk

2. Kebingungan atau perubahan kesadaran mental (pada orang dewasa usia 65 dan lebih tua

3. Batuk, yang bisa menghasilkan dahak

4. Kelelahan

5. Demam, berkeringat, dan menggigil kedinginan

6. Lebih rendah dari suhu tubuh normal (pada orang dewasa yang berusia lebih dari 65  tahun dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah)

7. Mual, muntah, atau diare

8. Sesak napas

Baca Juga: Waspadai Serangan Panik! Kenali Gejala dan Penyebabnya

Penting untuk meningkatkan kewaspadaan dan mencegah terjangkitnya penyakit pneumonia. Untuk membantu mencegah pneumonia, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Menjalani vaksinasi

2. Memperkuat daya tahan tubuh, misalnya dengan mencukupi asupan nutrisi

3. Menjaga kebersihan diri, misalnya rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci

4. Tidak merokok

5. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol

6. Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit batuk atau pilek

 Baca Juga: Jaga Kesehatan Paru-Paru, Hindari Konsumsi 6 Makanan dan Minuman Ini!

Setelah mengetahui tentang penyakit pneumonia, sebaiknya jangan abaikan sekecil atau seringan apapun gejala penyakit. Gejala yang dibiarkan bisa saja menjadi lebih serius. 

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News