HOME

Gejala Omicron Sulit Dibedakan dari Flu Biasa, Segera Tes Jika Merasakan Gejala

Gejala Omicron Sulit Dibedakan dari Flu Biasa, Segera Tes Jika Merasakan Gejala

MOMSMONEY.ID. Kasus Covid-19 varian Omicron masih terus bertambah di Indonesia. Gejala Omicron ini sulit dibedakan dengan gejala batuk dan flu biasa.

Oleh karena itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengingatkan masyarakat untuk segera melakukan pemeriksaan bila merasakan gejala yang sama.

"Mengingat gejala Omicron yang ringan dan sulit dibedakan dengan batuk atau flu biasa, Pemerintah menghimbau kepada masyakat untuk segera melakukan testing bila merasakan gejala tersebut," ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (24/1).

Tidak hanya itu, apabila masyarakat merasakan gejala seringan apapun, dia juga menghimbau agar  tidak pergi ke area publik, atau melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga: Simak, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendisiplinkan Anak Balita

Luhut memastikan bahwa pemerintah tetap dalam kendali penuh menghadapi varian Omicron. Dia menyebut peningkatan kasus relatif terkendali. Jumlah kasus konfirmasi dan aktif harian masih lebih rendah dari 90% jika dibandingkan dengan kasus puncak Delta. Meski lebih rendah, dia mengingatkan supaya ini tetap diwaspadai.

Kata Luhut, sejak varian Omicron ditemukan satu bulan lalu di Indonesia, hingga saat ini belum terlihat tanda-tanda kenaikan kasus yang cukup eksponensial seperti yang terjadi di negara lain. Pemerintah sudah memastikan sistem kesehatan Indonesia hari ini sudah cukup siap dalam menghadapi Omicron ini. Meski begitu, dia menyebut faktor utama untuk mencegah keparahan atadalah taat pada protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah.

"Saya terus mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga agar kasus dari varian Omicron ini tetap rendah dengan terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan menggunakan PeduliLindungi," ucap Luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News