HOME, Bugar

Gejala Awal Kehamilan yang Sering Tidak Disadari Perempuan

Gejala Awal Kehamilan yang Sering Tidak Disadari Perempuan

MOMSMONEY.ID - Kehamilan dapat menimbulkan sejumlah gejala. Namun, beberapa gejala kehamilan jarang disadari karena mirip dengan kondisi lain yang umum terjadi. 

Bahkan, beberapa wanita justru menganggap kalau gejala kehamilan yang dialaminya adalah tanda-tanda menstruasi karena sangat mirip.

Untuk memudahkan, ​melansir dari Pregnancy Test, berikut ciri-ciri hamil mulai dari yang paling umum sampai jarang wanita alami.

1. Terlambat menstruasi

Terlambat menstruasi adalah tanda pasti hamil yang paling umum istri alami. Biasanya, ciri-ciri hamil adalah kalau tidak menstruasi setelah 4-5 hari atau lebih sejak tanggal seharusnya.

Baca Juga: Cara Pencegahan Kanker Ovarium yang Perlu Anda Ketahui

2. Perubahan payudara dan puting

Perubahan payudara termasuk tanda tidak pasti dalam tanda-tanda hamil yang calon ibu rasakan. Payudara ibu hamil umumnya akan terasa lebih kencang. Bahkan, dalam beberapa kasus,payudara terasa nyeridan tidak nyaman.

3. Kram perut

Kram perut adalah ciri-ciri hamil juga terjadi akibat proses implantasi embrio. Maka dari itu, tanda-tanda hamil ini biasanya muncul berbarengan dengan flek darah.

4. Sakit kepala

Peningkatan kadar estrogen di minggu-minggu awal kehamilan mampu memicu pusing bahkan sakit kepala. Terlebih jika bumil sedang kelelahan atau stres, sakit kepala bisa semakin menjadi-jadi.

Selain peningkatan hormon, penurunan tekanan darah selama awal kehamilan juga bisa membuat bumil pusing.

Baca Juga: Inilah Beberapa Cara untuk Mengatasi Mandul pada Laki-Laki dan Perempuan

5. Mual dan muntah

Salah satu tanda-tanda hamil yang umum dirasakan adalah mual di pagi hari atau morning sickness. Mual dapat dialami dengan atau tanpa muntah.

Dilansir dari American Pregnancy Association (APA), lebih dari 50 persen wanita hamil mengalami morning sickness.

6. Indera penciuman lebih sensitif

Menurut studi yang terbitan jurnal Frontiers in Psychology, kepekaan hidung untuk mencium bau akan meningkat drastis selama kehamilan.

Saat mencium bau tertentu, sebagian ibu hamil muda mengalami tanda-tanda hamil seperti mudah merasa pusing, mual dan muntah, atau bahkan rusak suasana hatinya.

Sebenarnya, masih banyak gejala kehamilan lain yang mungkin tidak ibu sadari, seperti kelelahan, kepanasan, perut kram, mual sampai peningkatan buang air kecil .

Jika ibu curiga sedang hamil, jangan tunda untuk mengonsumsi vitamin guna menunjang pertumbuhan janin.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News