Santai

Gaungkan Pakaian Tenun, Cita Tenun Indonesia Kolaborasi dengan Ohmmbybai

Gaungkan Pakaian Tenun, Cita Tenun Indonesia Kolaborasi dengan Ohmmbybai

MOMSMONEY.ID - Tak hanya batik, produk kain tenun tanah air bisa menjadi referensi fesyen yang tak kalah menarik. Salah satunya lewat kolaborasi Cita Tenun Indonesia dan desainer ternama asal Indonesia Bai Soemarlono. Koleksi fesyen bertajuk PELESIR ini mengusung label mode berkesinambungan (sustainable fashion) besutan, ohmmbybai. Produk fesyen ini bisa menjadi pilihan kaum hawa dalam berpakaian.

Bai mengatakan koleksi fesyen ini menggunakan Tenun Ikat Motif Galaran yang dalam bahasa Jawa, mengacu pada motif serat kayu pohon yang juga terlihat seperti gelungan ombak dan kulit kuda zebra.

Bekerja sama dengan perajin binaan Cita Tenun Indonesia di Jawa Tengah, tenun Ikat Galaran dikerjakan menggunakan metode pewarnaan alami dari proses fermentasi buah Jalawe. Pembinaan dengan teknik pewarnaan alam pada daerah Jawa Tengah sendiri dilaksanakan Cita Tenun Indonesia pada rentang 2015-2016 bekerja sama dengan Hivos.

Baca Juga: Tips Fesyen Untuk Lebaran Ala iStyle.id

"Untuk koleksi fesyen Pelesir bahannya dari tenun ikat motif yang kelihatan kontemporer. Proses pengerjaannya pun tidak mudah karena menggunakan tenun ikat ya. Ya, semoga banyak generasi muda mengenal dan memakai wastra Indonesia yang satu ini," ujar Bai dalam konferensi pers bersama awak media akhir bulan lalu.

Tenun Ikat Motif Galaran dipadukan dengan kain Batik dan Lurik digubah menjadi busana siap pakai kontemporer lewat permainan struktur, akurasi teknik potong dan lipit asimetri dengan inspirasi gaya pakaian berlibur nan santai namun apik.

Seluruh koleksi PELESIR dapat dipakai baik bagi segala gender (unisex) serta dalam berbagai suasana (untuk bekerja maupun berwisata) dengan penggayaan (styling) nan partikular. Rilisan ini merupakan koleksi terbatas sebagai kontradiksi dari mode kilat (fast fashion) yang dekat dengan kegiatan penumpukan stok barang (overstock dan dead stock).

Mengusung konsep pascamodernisme (post-modern) untuk kebebasan dan kesetaraan, ohmmbybai mengajak persona lintas profesi dan zaman untuk berjalan sebagai muse atas perwujudan mode inklusif dan tidak memandang gender.

Baca Juga: Referensi Produk Make-up Untuk Anak, Recipe Box

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News