Santai

Ganggu Kesehatan Mental, Berikut 5 Tanda Pasangan Manipulatif

Ganggu Kesehatan Mental, Berikut 5 Tanda Pasangan Manipulatif

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tanda atau ciri pasangan manipulatif yang perlu diketahui berikut ini.

Dalam hubungan percintaan masa kini, semakin banyak istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah situasi toxic dalam hubungan.

Salah satunya adalah pasangan manipulatif. Manipulasi dalam hubungan bisa diartikan dengan segala bentuk tindakan atau ucapan yang ditujukan untuk mengontrol hidup orang lain.

Baca Juga: Apa Itu Rebound Relationship? Kenali Tanda dan Penjelasannya Berikut

Ada beberapa tanda yang perlu diketahui ketika Anda terjebak dengan pasangan manipulatif dan hubungannya juga, agar tidak terjebak dalam hubungan toxic.

Merasa bersalah

Tanda pertama yang mungkin dirasakan ketika berada dalam hubungan manipulatif adalah Anda mulai merasa bersalah atau malu saat bereaksi atau melakukan tindakan dalam hubungan tersebut.

Pasangan manipulatif dengan mudah mengungkapkan rasa tidak puas tentang sesuatu yang Anda lakukan atau katakan, terutama ketika Anda mulai menerapkan batasan.

Hasilnya, Anda akan merasa bersalah agar pasangan tidak marah dan mengurangi rasa bersalah pada diri.

Mulai mempertanyakan kesehatan mental

Taktik manipulasi dalam hubungan sama halnya dengan perilaku gaslight. Melansir dari laman Psych Central, manipulasi dalam hubungan tak hanya menyebabkan stres dan anxiety.

Bahkan dapat menyebabkan Anda merasa bingung dan insecure dengan kondisi emosi dan tindakan yang dilakukan. Hingga kemudian, Anda mulai mempertanyakan apakah tindakan yang Anda lakukan merupakan tanda dari gangguan kesehatan mental.

Baca Juga: Apa Itu Cinderella Complex: Ini Penjelasan dan Tanda-Tandanya

Memeras emosi

Tanda buruk lainnya dari pasangan yang manipulatif adalah merasa emosi Anda seperti diperas. Pasangan yang manipulatif akan berusaha untuk membuat Anda merasa takut, bersalah, dan cenderung menuntut ketika Anda mulai menerapkan batasan atau mengambil keputusan.

Mereka juga cenderung membuat Anda menjadi overthinking sebagai cara menakut-nakuti Anda untuk melakukan sesuatu dengan cara Anda.

Play victim

Laman Bustle menjelaskan, tanda dari pasangan yang manipulatif adalah mereka play victim. Mereka merasa sebagai korban dalam setiap pertengkaran yang terjadi walaupun itu adalah kesalahan yang mereka perbuat.

Itu adalah cara yang dilakukan pasangan manipulatif untuk membuat Anda sebagai orang jahat dan agar mereka tidak mengambil risiko tanggungjawab atas tindakan mereka sendiri.

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Tanda Mantan Ingin Ajak Anda Balikan, Cari Tahu di Sini

Melakukan love bomb

Love bomb adalah sebuah tindakan yang biasa terjadi di tahap awal hubungan. Biasanya pasangan akan sangat ekspresif dalam menunjukkan rasa cinta pada Anda.

Membuat Anda menjadi orang yang paling bahagia, paling dicintai, merasa hubungan Anda berdua lebih kuat, dan akan bertahan lama.

Padahal, itu hanyalah love bomb atau ungkapan cinta terlalu cepat dan terlalu banyak yang kerap dilakukan orang manipulatif untuk mengambil hati Anda.

Jika sudah merasakan perasaan buruk atau tidak yakin atau merasa ada sesuatu aneh tentang pasangan, segeralah tinggalkan hubungan toxic tersebut.

Itulah tadi beberapa tanda pasangan yang manipulatif yang perlu untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News