Santai

Gampang Capek Meski Istirahat Cukup? Bisa Jadi Anemia, Cek Tandanya di Sini

Gampang Capek Meski Istirahat Cukup? Bisa Jadi Anemia, Cek Tandanya di Sini

MOMSMONEY.ID - Mudah dialami siapa saja, cari tahu yuk beberapa tanda tubuh yang mengalami anemia.

Anemia bisa terjadi pada seseorang karena kurangnya zat besi yang menyebabkan jumlah sel darah merah berkurang dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Padahal zat besi memiliki banyak manfaat penting yang berguna bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa beberapa tanda berikut adalah ciri tubuh yang mengalami anemia.

Baca Juga: Pria Paling Enggak Tahan Kalau 5 Titik Rangsang Seksual Ini Disentuh

Kulit pucat

Tanda pertama yang bisa dilihat dari seseorang yang mengalami anemia adalah kulit yang terlihat lebih pucat dari biasanya. Termasuk pada area dalam kelopak mata bawah mata.

Hemoglobin merupakan sel darah merah yang bertugas menyalurkan oksigen dan membuat warna merah pada darah. Sehingga, pucatnya warna kulit seperti di area wajah, gusi, bagian dalam kelopak mata, dan kuku bisa dijadikan tanda kurangnya zat besi dalam tubuh.

Mudah lelah

Merasa tubuh tetap lelah walaupun sudah istirahat cukup? Itu juga termasuk dalam tanda anemia. Menurut laman Health Line, mudah merasa lelah adalah tanda utama yang kerap muncul ketika tubuh seseorang mengalami anemia.

Mudah lelah yang terjadi karena kekurangan zat besi disebabkan karena kurangnya oksigen yang disalurkan ke seluruh jaringan tubuh dan otot. Hingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk menyalurkan oksigen yang kemudian membuat tubuh merasa mudah lelah.

Baca Juga: Punya Kepribadian Introvert Enggak Perlu Ciut, Ini 6 Keistimewaannya

Nafas pendek

Kurangnya zat besi dalam tubuh juga bisa diindikasikan dengan terasanya nafas yang memendek. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya hemoglobin yang menyebabkan kurangnya asupan oksigen pada organ untuk berfungsi dengan baik.

Selain itu, tanda lainnya adalah muncul sakit kepala, tangan dan kaki yang dingin, kuku rapuh, dan rambut rontok.

Inflamasi

Laman Mayo Clinic menyebutkan, salah satu tanda lain dari anemia adalah adanya inflamasi atau peradangan yang dialami.

Inflamasi yang dirasakan tak hanya terjadi karena buruknya pola makan namun juga terjadi karena adanya bengkak atau sakit di area mulut. Tanda inflamasi lainnya yang juga bisa muncul pada area mulut adalah sariawan, mulut kering, dan lidah yang terasa panas.

Jarang disadari, itulah tadi beberapa tanda tubuh yang mengalami anemia. Coba mulai perhatikan lagi, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News