BisnisYuk

Food and Hotel Indonesia 2022 Sukses Gaet 32 Ribu Pengunjung

Food and Hotel Indonesia 2022 Sukses Gaet 32 Ribu Pengunjung

MOMSMONEY.ID - Pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2022 yang diselenggarakan bersamaan dengan ajang Hotelex Indonesia dan Speciality Food Indonesia serta Retail Indonesia sukses menggaet 32.000 pengunjung.

Tidak hanya berasal dari Indonesia, pengunjung yang memadati Jakarta International Expo (JIEXPO) juga berasal dari Singapura, Malaysia, Australia, Korea Selatan, Italia, China, India, Jepang, dan Amerika Serikat. Lebih dari 500 perusahaan dari 26 negara bergabung sebagai exhibitor.

Juanita Soerakoesoemah selaku Event Director FHI 2022 mengatakan, salah satu kesuksesan penyelenggaraan FHI edisi ke-16 tahun ini adalah terlaksananya Business Matching Program, yakni platform bagi pengunjung dan customer untuk dapat melakukan pertemuan dan menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan peserta pameran secara privat.

“Selama 4 hari penyelenggaraan telah terjadi 250 business meetingmelalui fasilitas executive business lounge yang kami sediakan,” ujar Juanita dalam keterangan yang diterima KONTAN, Senin (15/8).

Ia menambahkan, selain pertemuan bisnis, pengunjung dan customer dapat belajar secara langsung dari praktisi, ahli atau professional mengenai trend dan inovasi terkini di bidang perhotelan dan F&B. FHI 2022 menghadirkan berbagai kegiatan workshop, seminar, training, Masterclass, hingga kompetisi dari berbagai asosiasi profesi yang bergabung.

Baca Juga: Pameran Food & Hotel Indonesia Kembali Digelar di JIEXPO Hingga 29 Juli

Harapannya, kegiatan dalam FHI 2022 dapat mendukung perkembangan dan kemajuan industri perhotelan dan F&B di Indonesia. FHI diadakan untuk mendukung akselerasi pertumbuhan industri nasional yang berkelanjutan melalui inovasi bisnis agar berjaya di pasar global.

“Selain itu FHI juga memberi peluang bagi perusahaan internasional untuk memasuki pasar industri perhotelan dan F&B Indonesia yang menguntungkan dan saat ini berkembang pesat,” jelas Juanita.

Pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan dukungan dan menyambut baik gelaran pameran offline setelah tertunda karena pandemik,melalui pesan video disela-sela kesibukannya saat pembukaan FHI 2022.

"Kemenparekraf sangat mengapresiasi semangat para pelaku kreatif untuk menggerakkan kembali roda perekonomian kita melalui FHI ini," ujar Sandiaga.

Ia menambahkan, melalui event FHI diharapkan produk-produk unggulan Indonesia dapat dikenalkan kepada calon investor lokal maupun internasional. "Sekaligus kita dorong hotel dan pengusaha pariwisata Indonesia untuk berinovai dengan menggunakan bahan-bahan lokal kita," imbuhnya.

Baca Juga: Inilah Manfaat Mendekorasi Rumah Menurut Feng Shui, Termasuk Hilangkan Nasib Buruk

Sandiaga mengucapkan terima kasih kepada Pamerindo Indonesia yang telah konsisten menyelenggarakan berbagai acara pameran dagang termasuk FHI selama lebih dari 28 tahun di Indonesia. Ia juga mengapresiasi para pelaku usaha pariwisata, hotel, dan berbagai stakeholders yang turut mensukseskan pameran FHI ini.

"Dukungan kita merupakan bentuk kepedulian kita terhadap industri hospitality sekaligus dapat mengangkat kuliner nusantara melalui kampanye Indonesia Spice of The World," jelasnya.

Pemilik dan Pendiri Bounce Street Asia Trampoline Park and Naughty Olive Vegetarian Restaurant, Niraj Khiani & Suraj Khiani mengatakan bahwa FHI telah sangat membantu mereka dalam mendapatkan banyak supplier untuk kebutuhan mesin, makanan dan bahan bakunya.

“Oleh karena kami sedang membangun ulang restoran, kami mencari dan mendapatkan banyak kontak yang sangat berguna dari pameran ini. Acara ini sangat sempurna, sebuah ajang pameran yang harus selalu didatangi pada setiap pelaksanaannya," sebut Niraj.

Baca Juga: Bank OCBC NISP Ajak Generasi Muda BangkitSehatFinansial bersama Layanan NYALA

Desiree Tarigan sebagai Pemilik dan Pendiri Mamitoko Dessert Shop menambahkan bahwa dirinya telah rutin mengunjungi FHI dalam beberapa tahun terakhir karena supplier untuk mesin dan bahan baku yang dibutuhkannya selalu ada di pameran ini.

“Saya sangat senang untuk menghadiri FHI karena banyak hal baru yang dipamerkan serta teknologi baru yang bisa didapatkan. FHI tahun ini luar biasa sekali, peserta pameran beserta produknya juga menakjubkan, dan seluruh pengunjung sangat antusias sekali. Semoga  FHI selalu maju kedepannya," harap Desiree.

Presiden Association of Culinary Professional (ACP) Indonesia Chef Rafael Triloko Basanto berpendapat, FHI sebagai ajang pameran tingkat internasional di bidang Perhotelan dan F&B dapat menjadi tempat bagi professional, Chef, pelaku usaha, dan penggiat industri berkumpul dan berinteraksi membahas topik dan trend terkini dalam industri ini.

"Kegiatan kami (Masterclass) menjadi pemicu bagi penggiat industri masa kini untuk mulai bangkit kembali. FHI 2022 menjadi momentum bahwa sudah saatnya F&B tanah air kembali bergeliat dan berkembang pesat sesuai pertumbuhan industri yang diharapkan,” jelas Triloko.

Leonarita Hutama selaku Marketing Communication Manager FHI 2022 menyebut, kehadiran FHI diharapkan terus mendukung akselerasi pertumbuhan yang berkelanjutan bagi industri F&B dan perhotelan Indonesia. Hal tersebut agar mendukung Making Indonesia 4.0 melalui penerapan teknologi dan digitalisasi yang sinergis dengan akses global, seperti FHI Digital Showroom yang didukung oleh Saladplate.

Leona berharap, melalui gelaran FHI 2022 para pelaku bisnis dan penggiat industri dapat bergabung dan bersinergi untuk sama-sama memajukan industri perhotelan dan F&B nasional, terutama pasca pandemi. Usaha ini akan terus dilanjutkan melalui gelaran ajang selanjutnya yaitu Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 yang mendukung Industri Pariwisata dan Hospitality di Indonesia.

Pameran FHTB akan diadakan pada tanggal 22 - 24 September 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News