Santai

Fitur Baru DJ di Spotify, Bisa Membuat Playlist Sesuai Selera Musik Anda

Fitur Baru DJ di Spotify, Bisa Membuat Playlist Sesuai Selera Musik Anda

MOMSMONEY.ID - Spotify telah meluncurkan fitur beta baru yang disebut DJ. Fitur baru DJ di Spotify berbasis AI yang akan membantu pengguna membuat playlist sesuai selera musiknya. 

Fitur baru DJ di Spotify akan memberikan komentar tentang apapun yang sedang diputar dengan "suara yang sangat realistis" seperti manusia pada umumnya. 

Mengutip TechCrunch, fitur baru DJ di Spotify merupakan fitur AI terbaru untuk menarik konsumen pada layanan streaming-nya karena perkembangan AI, seperti ChatGPT dan Google Bard. 

Spotify ingin aplikasinya memiliki fitur AI yang bisa membantu penggunanya dalam mendengarkan musik. Oleh karena itu, fitur baru DJ di Spotify diluncurkan. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet di HP, Coba Tips Ampuh Ini

Dalam rilis di blog resminya, Spotify mengatakan, fitur itu "sangat mengenal Anda dan selera musik Anda" sehingga dapat memilih artis atau lagu mana yang akan diputar untuk Anda.

Fitur ini akan menghadirkan rangkaian musik yang dikuratori bersama komentar di sekitar trek dan artis. Selain itu, alat bertenaga AI akan menyajikan fakta menarik tentang lagu, artis, dan genre saat Anda menggunakan fitur baru tersebut.

Namun, belum semua negara bisa menggunakan fitur baru DJ di Spotify. Fitur baru saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris untuk pengguna premium Spotify yang berbasis di AS dan Kanada.

Mode DJ baru Spotify mengikuti fitur Taste Profile yang baru dirilis yang melacak selera musik Anda dan menyarankan lagu berdasarkan genre tertentu.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur baru DJ di Spotify? Ikuti caranya berikut:

1. Buka aplikasi seluler Spotify Anda di iOS atau Android dan buka 

2. Music Feed di Beranda.

3. Ketuk Mainkan di kartu DJ.

4. DJ kemudian akan menyusun daftar putar lagu dan artis, memberikan komentar tentang kebiasaan mendengarkan Anda sebelumnya.

Jika daftar putar khusus bukan yang Anda cari, cukup ketuk di kanan bawah layar untuk memilih lagu, artis, genre, atau suasana hati yang berbeda.

Baca Juga: Simak Cara Scan Barcode Spotify, Bisa Berbagi Lagu yang Paling Mudah

Berikut cara membuat Spotify Playlist in a Bottle:

1. Pastikan aplikasi seluler Spotify Anda diperbarui dengan versi terbaru.

2. Klik spotify.com/playlistinabottle dari perangkat seluler Anda.

3. Pilih kapsul waktu pilihan Anda—Anda dapat memilih dari botol, saku jean, mesin tolol, kotak makan siang, atau boneka beruang.

4. Jawab serangkaian pertanyaan yang terinspirasi dari lagu. Sebagai contoh:

“Lagu yang mengingatkanmu pada orang favoritmu”

“Lagu yang perlu Anda dengar secara langsung di tahun 2023”

5. Segel kapsul waktu musik Anda secara digital dan kirimkan!

6. Bagikan kartu yang dipersonalisasi ke saluran sosial Anda dengan tag #PlaylistInABottle.

Baca Juga: Apa Itu Pudding Cool Spotify yang Sedang Viral? Begini Cara Membuatnya

Mulai Januari 2024, jika Anda membuat Spotify Playlist in a Bottle, Anda akan menerima kapsul waktu yang dipersonalisasi yang mengingatkan Anda tentang apa yang Anda dengarkan satu tahun sebelumnya.

Cara buat Spotify Blend 

Pengguna Android dan iPhone perlu akun Spotify untuk membuat daftar putar Spotify Blend. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Spotify dan ketuk opsi Cari di bagian bawah layar Anda.

2. Di bawah judul Telusuri semua, ketuk Dibuat untuk Anda.

3. Ketuk kotak dengan tanda plus di dalamnya berlabel Create a Blend.

4. Sekarang Anda harus mengundang teman untuk berbagi daftar putar dengan Anda. Ketuk Undang dan bagikan tautan — Anda dapat mengirimkannya dengan cepat menggunakan opsi default perangkat Anda, atau cukup ketuk Salin untuk mengirim tautan secara manual.

5. Setelah Anda mengirim tautan, mintalah teman Anda untuk membukanya di ponselnya sendiri dan ketuk opsi Gabung yang muncul.

Nah, itulah informasi mengenai fitur baru DJ di Spotify yang berbasis AI. Namun sayangnya, di Indonesia fitur tersebut belum tersedia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News