Santai

Fitur Baru Android 14 yang Perlu Diketahui, Intip Jadwal Rilisnya

Fitur Baru Android 14 yang Perlu Diketahui, Intip Jadwal Rilisnya

MOMSMONEY.ID - Pada awal Februari 2023, Google telah merilis pratinjau pertama Android 14. Ada beragam fitur baru Android 14 yang semakin canggih. 

Diberi nama Upside Down Cake, fitur baru Android 14 tidak jauh berbeda dengan Android 13 yang baru saja rilis akhir tahun 2022 lalu. 

Selain fitur baru Android 14 yang ditunggu-tunggu, penggemar juga tidak sabar untuk menanti jadwal rilis Android 14. 

Mengutip Phone Arena, saat ini Android 14 hadir sebagai beta berorientasi pengembang yang tidak ditujukan untuk orang biasa dan tidak boleh digunakan sebagai driver harian.

Baca Juga: Cara Download Stiker Valentine Day di WhatsApp, Bisa Kirim ke Orang Terkasih

Beta yang lebih ramah pengguna dengan rasa yang lebih baik di semua fitur yang akan datang akan datang pada April nanti.

Dan, aliran pembaruan beta yang stabil akan diluncurkan ke ponsel Pixel setelah rilis resmi Android pada 14 Agustus mendatang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google menetapkan jadwal rilis yang agak dapat diprediksi untuk rilis Android tahunannya.

Sejauh ini, sepertinya Android 14 akan mengikuti template yang sama.

Lalu, apa saja fitur baru Android 14? Berikut ini fitur baru Android 14 yang semakin canggih. 

Meski demikian, di Android 14 tidak banyak fitur baru berorientasi pengguna yang disertakan dengan build awal yang berpusat pada pengembang yang keluar saat ini.

Sebagian besar, semuanya terlihat dan terasa seperti Android 13 dengan nomor versi yang diperbarui.

Baterai dan performa 

Android 14 akan meningkatkan efisiensi keseluruhan sistem OS seluler dan menawarkan lebih sedikit konsumsi daya dari aktivitas yang tidak perlu.

Catanya, dengan menggabungkan pengoptimalan proses latar belakang dan menyajikan permintaan yang dapat ditindaklanjuti ke aplikasi hanya ketika mereka berada di luar keadaan cache.

Selain itu, tanpa persetujuan tertulis dari pengguna, aplikasi yang tidak memerlukan jadwal waktu yang ketat, seperti jam, kalender, atau sejenisnya, tidak akan dapat terus menyelidiki sumber daya dengan menyetel alarm yang tepat, yang akan meningkatkan efisiensi.

Google juga menerapkan aturan yang lebih ketat tentang bagaimana layanan latar depan harus digunakan, memprioritaskan ini hanya untuk tugas dengan prioritas tertinggi yang dijalankan di perangkat. Ini berpotensi meningkatkan kinerja dan efisiensi sistem Android.

Baca Juga: Simak Cara Scan Barcode Spotify, Bisa Berbagi Lagu yang Paling Mudah

Aksesibilitas 

Android 14 memperkenalkan fitur aksesibilitas bagus yang akan memungkinkan font untuk diskalakan secara non-linear, memungkinkan perbesaran teks yang ditampilkan jauh lebih besar.

Awalnya dari maksimal 130% sebelum hingga 200%, rilis Android 14 akan jauh lebih mudah diakses oleh pengguna tunanetra.

Dengan ponsel yang semakin besar tetapi teks tidak mengikuti, opsi seperti itu yang dimasukkan ke dalam Android sangat masuk akal, dan mudah-mudahan, banyak yang akan mendapat manfaat dari perubahan tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa tidak hanya meningkatkan ukuran font Android 14 dengan cara yang layak untuk ponsel terbaik untuk peringkat manula.

Tetapi juga menerapkan penskalaan "non-linear" cerdas untuk menumbuhkan teks dengan font yang sudah cukup besar kurang dari teks yang lebih kecil yang mengalami peningkatan ukuran.

Google mengatakan, "Android mendukung penskalaan font hingga 200%, memberikan pengguna dengan penglihatan terbatas opsi aksesibilitas tambahan yang selaras dengan Pedoman Aksesibilitas Konten Web (WCAG)".

Baca Juga: Viral Fitur Baru Instagram Story dengan Label Super Fans, Ini Penjelasannya

Perubahan Tata Bahasa 

Dengan Android 14, beberapa pengoptimalan bahasa asing mengatasi departemen aksesibilitas perangkat dengan mengadaptasi teks.

Ini untuk mencerminkan kekhasan berbahasa non-Inggris seperti terjemahan yang dipersonalisasi, yang memperhitungkan jenis kelamin tata bahasa yang ada dalam bahasa lain.

Tambahan adaptasi lokal hebat lainnya untuk Android 14 adalah kemampuan untuk secara dinamis memperbarui kumpulan bahasa asing dalam pengaturan aplikasi.

Hal itu untuk menampilkan apa yang mencerminkan wilayah dan bahkan menyesuaikan keyboard berdasarkan bahasa antarmuka tempat aplikasi ditampilkan.

Keamanan dan Privasi 

Turun di level sistem, Android 14 akan menyertakan beberapa fitur penangkal malware baru yang menyumbat eksploitasi yang diketahui dengan memblokir penginstalan aplikasi atau hanya mengizinkannya jika memenuhi kriteria tertentu.

Peningkatan lain di bagian keamanan berkaitan dengan aplikasi yang dimuat secara dinamis. 

Ini dapat diubah (dengan niat jahat) dengan menyuntikkan kode dalam proses dan akan ditandai sebagai hanya-baca di Android 14 untuk menutup pintu lain untuk pemasangan malware dan berbagai eksploit yang biasanya digunakan pelaku kesalahan.

Android 14 juga akan mendukung Passkeys, pengganti kata sandi bertenaga biometrik yang jauh lebih nyaman.

Dengan kunci sandi terdaftar, pengguna akan dapat dengan mudah masuk ke perangkat apa pun hanya dengan menggesek.

Itulah informasi mengenai fitur baru Android 14 yang akan segera dirilis untuk umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News