HOME, Santai

Fitbit Sense Smartwatch yang Mampu mengelola Stres

Fitbit Sense Smartwatch yang Mampu mengelola Stres

MOMSMONEY.ID - Smartwatch kini dilengkapi dengan berbagai fitur. Salah satu yang dikembangkan oleh Fitbit adalah sensor untuk mengenali perasaan stres.

Baca Juga: Cara Membersihkan HP Agar Bebas Covid-19

Fitur Smartwatch Fitbit Sense

Fitbit yang kini menjadi bagian dari Google memang dikenal sebagai produsen wearable. Salah satu perangkat wearable yang diproduksi adalah Smartwatch Fitbit yang dapat mendeteksi tingkat stres. Penjelasan bagaimana pengelolaan perasaan stres tersebut adalah sebagai berikut. 

Sensor EDA

Ketika manusia stres, maka kulit akan mengeluarkan keringat yang mengubah kelembaban. Keringat yang keluar tentu tidak sebanyak ketika olahraga. Namun, hal itu tetap mengubah keadaan elektron di atas kulit. 

Smartwatch yang dikeluarkan oleh Fitbit memiliki sensor elektrodemal activity (EDA). Sensor ini akan mendeteksi perubahan elektron yang ada pada kulit apabila terjadi stres. Artinya, listrik pada kulit akan memberi sinyal dan jam tangan akan memberi laporan digital.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by fitbit (@fitbit)

​Notifikasi Tingkat Stress

Pada layar persegi Smartwatch Fitbit akan muncul notifikasi mengenai tingkat stres yang dialami pengguna. Indikator akan ditunjukan dengan skor 1 hingga 100, angka kecil menunjukkan tingkat stres yang tinggi. Ada juga notifikasi dalam bentuk emotikon yang menunjukkan perasaan pengguna. 

Penghitungan tingkat stres ini tidak hanya dari perubahan elektron kulit tetapi juga berdasarkan pola tidur, responsivitas, serta keseimbangan aktivitas harian. Penghitungan detak jantung juga dilakukan untuk mendukung sensor elektrodermal. 

Baca Juga: Coba Infinix Note 10 Pro, HP Gaming 3 Jutaan

Harga Smartwatch Fitbit Sense

Warna Fitbit Sense yang bisa dipilih adalah hitam dan putih stainless. Pada web resminya, Smartwatch Fitbit Sense dijual dengan harga 229,95 dolar Amerika. Sementara di akun resmi Tokopedia Fitbit, Fitbit Sense dijual dengan harga Rp4.000.000. 

Selanjutnya: Agar Baterai HP Tahan Lama, Lakukan Tips Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News