Bugar

Favorit Semua Orang, Ini Sederet Manfaat Tempe yang Sayang untuk Dilewatkan

Favorit Semua Orang, Ini Sederet Manfaat Tempe yang Sayang untuk Dilewatkan

MOMSMONEY.ID - Manfaat tempe untuk kesehatan tubuh sangat beragam dan sayang untuk dilewatkan. 

Tak heran bila khasiat tempe punya banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari Healthline, apa saja manfaat makan tempe untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Proses fermentasi kedelai menghasilkan khasiat tempe untuk kesehatan pencernaan. Makanan fermentasi mengandung probiotik, yaitu bakteri yang baik untuk sistem cerna. 

Meski proses fermentasi dengan jamur dan memasaknya membuat penurunan jumlah bakteri baik dalam tempe, manfaat tempe dari sisi pencernaan tetap tak bisa disepelekan.  

Prebiotik dalam tempe mampu membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup, Ini 5 Cara Mencegah Kolesterol Tidak Naik

2. Menjaga kekuatan dan kesehatan tulang

Tempe merupakan salah satu sumber kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon yang baik. Kacang kedelai bermanfaat untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang serta gigi. 

Beberapa studi menunjukkan bahwa pola makan sehat yang memadukan asupan kacang kedelai, terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang pada lansia (osteoporosis). 

3. Berperan dalam penyembuhan luka dan fungsi otak

Kandungan tembaga dan mangan dalam tempe sangat baik untuk membantu penyembuhan luka. Manfaat tempe juga bisa menguatkan jaringan dengan meningkatkan sintesis kolagen. 

Mangan dalam tempe juga dikatakan mampu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara tembaga dapat meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak.  

4. Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian menyatakan bahwa tempe dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal ini dikarenakan tempe memiliki kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan stroke.  

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

5. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat tempe yang juga cukup penting adalah mengurangi risiko terjadinya kanker. Hal ini berkat kandungan fitonutrien dan antioksidan isoflavon pada tempe.

Kedua zat tersebut diketahui baik untuk mencegah beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker prostat. 

Untuk mendapatkan beragam manfaat tempe di atas, Anda juga perlu menjalani pola makan sehat dengan rutin mengonsumsi makan bergizi seimbang lainnya.

Itulah beberapa manfaat tempe untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News