HOME, Santai

Fakta Unik Tentang Emas, Nomor 4 Bikin Kaget

Fakta Unik Tentang Emas, Nomor 4 Bikin Kaget

MOMSMONEY.ID - Emas kini sedang menjadi tren investasi anak muda. Berbagai jenis emas dapat dijadikan pilihan berinvestasi dan menabung.

Emas sendiri disebut logam mulia karena sifatnya yang tak mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitar. Emas juga tak mudah bereaksi dengan asam, sehingga membuatnya awet dan tahan lama.

Selain hal tersebut, masih ada beberapa fakta menarik tentang emas yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Masih Tertekan, Kamis (2/9)

Metal yang tidak berwarna putih

Emas memiliki simbol elemen Au yang merupakan singkatan dari Aurum. Dalam bahasa Latin, Aurum memiliki arti bersinar cerah atau pancaran sinar dari matahari terbit. 

Sedangkan dalam bahasa Inggris emas disebut Gold. Gold diambil dari bahasa Jerman yang memiliki arti warna kuning.

Anti karat

Emas memiliki sifat anti karat. Maka dari itu ia disebut sebagai logam mulia. Emas tidak mudah bereaksi dengan air, udara, maupun asam. Hal tersebutlah yang membuat emas asli menjadi tahan lama dan awet.

Selain anti karat, emas juga tidak memiliki bau dan rasa. Sehingga hal tersebut yang menjauhkan emas dari sifat reaktif.

Baca Juga: Memilih Investasi yang Tepat Bagi Pensiunan

Berusia tua

Emas sendiri merupakan metal yang telah ada sejak jaman dahulu. Emas sendiri terbentuk dari meteorit datang menyerang Bumi lebih dari 200 juta tahun yang lalu. Penemuan emas pertama terjadi di Amerika pada tahun 1803. 

Bisa dimakan

Karena tidak memiliki rasa dan bau, emas biasa digunakan sebagai topping atau garnish makanan. Serpihan emas biasa digunakan dalam makanan karena emas merupakan metal yang aman untuk dikonsumsi.

Melansir dari halaman UK Billion, dalam tubuh manusia sendiri ternyata terdapat 0.2 mg emas. Sedangkan tulang manusia memiliki 0.016 bagian per jutaan emas. 

Memiliki banyak manfaat

Tak hanya sebagai tabungan dan investasi, emas juga memiliki banyak manfaat lain yang dapat digunakan dalam kehidupan. Emas digunakan sebagai komponen elektronik, perhiasan, dan pernak-pernik.

Di samping itu, emas juga memiliki banyak manfaat dalam pengobatan. Emas digunakan sebagai  obat, dalam bidang kedokteran gigi, hingga radiasi.

Selanjutnya: Mengenal Airport Fashion, Inspirasi Berbusana di Bandara Ala Idol Korea

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News