HOME, Santai

Fakta Unik Budaya Jepang yang Dianggap Tidak Biasa

Fakta Unik Budaya Jepang yang Dianggap Tidak Biasa

MOMSMONEY.ID - Jepang merupakan negara yang masih lekat dengan kebudayaannya. Dengan perpaduan kultur dan teknologi yang maju dengan pesat membuat Jepang memiliki ciri khas unik. 

Saking uniknya, ada beberapa hal yang dirasa tidak biasa bagi turis asing namun normal bagi orang Jepang. Hal tidak biasa ini bukanlah dalam hal negatif namun dalam hal positif yang erat kaitannya dengan budaya dan kebiasaan orang Jepang.

Ini dia beberapa daftar kebiasaan orang Jepang yang dirasa tidak biasa namun menjadi normal atau biasa ketika berada di Jepang.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Sushi Etiquette yang Harus Anda Hindari Sebelum Menyantap Sushi

Jarang tempat sampah

Jepang merupakan negara bersih dan tertata namun untuk menemukan tempat sampah di Jepang termasuk dalam hal yang susah dilakukan. Melansir dari Bright Side, tempat sampah hanya akan tersedia di toko-toko.

Tempat sampah juga hanya akan tersedia di samping vending machine. Ini karena kebiasaan dari orang Jepang yang terbiasa membawa sampah mereka bersama mereka dan tidak membuang sampah sembarangan hingga menemukan tempat sampah. 

Memakan telur mentah

Telur mentah merupakan makanan sehari-hari bagi orang Jepang. Telur mentah sering digabungkan dalam berbagai jenis makanan Jepang. Karena kemudahan dalam mengkonsumsi telur mentah, akhirnya kebiasaan ini menjadi hal normal bai orang-orang Jepang.

Telur mentah di Jepang merupakan telur sehat dan tentunya akan sangat aman jika dimakan tanpa digoreng. Telur mentah biasanya sering dimakan dengan campuran nasi dan rumput laut.

Baca Juga: Resep Steak Daging Teriyaki ala Restoran Jepang

Memberikan tips

Memberikan tip uang bagi Anda yang bukan merupakan orang Jepang pasti adalah hal yang biasa untuk dilakukan. Tip juga sering digunakan untuk menunjukkan apresiasi atas jasa yang diterima.

Namun, bagi orang Jepang, memberikan tip merupakan hal yang dianggap tidak pantas dilakukan. Orang Jepang akan menolak ketika Anda memberikan tip kepada mereka.

Banyak orang Jepang percaya bahwa pelayanan baik merupakan kewajiban dan standar bagi penyedia jasa pelayanan. Jadi untuk apa mengeluarkan duit lebih untuk menikmati pelayanan yang baik. Jadi tidak memberikan tips adalah hal yang sangat normal bagi warga Jepang.

Makan seorang diri

Makan seorang diri merupakan hal normal yang sering dilakukan oleh orang Jepang. Biasanya orang-orang asing akan merasa bahwa makan sendirian terlihat tidak nyaman. Namun bagi orang Jepang makan seorang diri merupakan yang sangat normal.

Restoran-restoran dan tempat makan di Jepang bahkan menyediakan bilik atau tempat duduk khusus bagi customernya yang ingin makan seorang diri. 

Selanjutnya: Punya Skill Ini, Pekerja Bisa Mendapat Bayaran Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News