Keluarga

Fakta Seputar Kucing Russian Blue, Tenang dan Suka Bermain!

Fakta Seputar Kucing Russian Blue, Tenang dan Suka Bermain!

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa jenis kucing yang mudah dikenali karena warna bulunya yang berbeda dari kebanyakan kucing lain. Salah satunya adalah kucing Russian Blue yang memiliki bulu berwarna abu-abu kebiruan.

Perpaduan antara warna bulu abu-abu kebiruan dengan mata kuning kehijauan memang membuat kucing Russian Blue terlihat cantik dan unik.

Namun, di balik keindahan fisiknya tersebut, kucing yang berasal dari Rusia ini memiliki beberapa fakta yang menarik untuk diulas.

Ingin tahu lebih lanjut soal jenis kucing Russian Blue? Dilansir dari Mental Floss, Hill’s Pet, dan Daily Paws, berikut fakta menarik seputar kucing Russian Blue yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 6 Cara Kucing Menunjukkan Rasa Sayang ke Manusia

Memiliki gen yang unik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing Russian Blue dikenal karena bulunya yang berwarna abu-abu kebiruan. Sebenarnya, warna bulu tersebut berasal dari gen yang menghasilkan warna hitam.

Jika Anda mengawinkan dua kucing Russian Blue, seluruh anaknya akan berwarna abu-abu kebiruan pula. Namun, jika dikawinkan dengan kucing berwarna hitam, anaknya akan berwarna abu-abu kebiruan atau hitam.

Rendah risiko alergi

Bulu-bulu kucing Russian Blue tergolong tidak mudah rontok. Selain itu, tubuhnya juga memproduksi protein Fel d 1 dalam jumlah sedikit, yaitu sejenis alergen yang bisa memicu alergi kucing pada manusia.

Oleh karena itu, kucing Russian Blue bisa menjadi pilihan kucing yang tepat jika Anda ingin memelihara kucing, tapi alergi dengan hewan tersebut. Namun, tetap pastikan alergi Anda tidak mudah kambuh saat berinteraksi dengan kucing ini.

Pendiam dan tenang

Kucing Russian Blue termasuk jenis kucing yang pendiam, sehingga tidak akan sering-sering mengganggu Anda dengan suara meongannya. Namun, terkadang mereka akan mengeong dengan suara pelan jika menginginkan sesuatu dari pemiliknya, misalnya ingin makan atau diperhatikan.

Karena sifatnya yang tenang tersebut, kucing Russian Blue biasanya lebih menyukai lingkungan yang sepi dan tenang, serta tidak banyak dikunjungi orang lain.

Baca Juga: Dikenal Banyak Tingkah, Simak 5 Fakta Unik Seputar Kucing Oren!

Suka diajak bermain

Walaupun kucing Russian Blue tergolong pendiam dan tenang, pada dasarnya mereka cukup aktif dan suka diajak bermain oleh pemiliknya. Jangan lupa untuk mengajaknya bermain untuk melatih mental dan fisiknya.

Mereka juga termasuk hewan yang suka bersosialisasi dan menempel dengan pemiliknya, bahkan bisa sangat melekat dengan satu orang tertentu. Meskipun begitu, kucing Russian Blue umumnya pemalu di dekat orang asing.

Minim perawatan

Kucing Russian Blue biasanya bisa mengurus dirinya sendiri, sehingga tidak memerlukan banyak perawatan khusus dari pemiliknya.

Namun, jangan lupa untuk sesekali menyisir bulunya dan memandikan si kucing secara rutin untuk membantu menjaga kebersihan dan kecantikan bulunya. Selain itu, kucing Russian Blue mudah mengalami obesitas karena senang makan, jadi selalu monitor porsi makanannya.

Itulah beberapa fakta seputar kucing Russian Blue. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News