Fakta Piala Dunia, 4 Pemain Berdarah Indonesia Ini Pernah Berlaga di FIFA World Cup

Reporter: Benedicta Prima
Rabu, 30 November 2022 | 13:03 WIB
Fakta Piala Dunia, 4 Pemain Berdarah Indonesia Ini Pernah Berlaga di FIFA World Cup

ILUSTRASI. Seluk beluk Piala Dunia, ada 4 pemain berdarah Indonesia pernah berlaga di FIFA World Cup membela Belanda dan Australia.


MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda fakta menarik selama gelaran Piala Dunia? Hingga saat ini, pernah ada 4 pemain berdarah Indonesia berlaga di FIFA World Cup. 

Melansir laman FIFA, deretan pemain berdarah Indonesia yang pernah berlaga di Piala Dunia membela Belanda dan Australia. Ini tentu tak jauh dengan ikatan sejarah Indonesia-Belanda dan lokasi geografis Indonesia-Australia. 

John Heitinga

NULL
Pemain Belanda yang pernah berlaga di Piala Dunia 2006 dan 2010 ini merupakan keturunan Indonesia. Ayah dan kakeknya merupakan orang Indonesia. John Heitinga pernah tweet bahwa dirinya baru saja sampai di Indonesia pada 5 Juni 2013. 

Kakek John Heitinga bernama Gijsbert Johannes Heitinga berasal dari Pulau Belitung. Sementara ayahnya bernama Rob lahir di Jakarta. Keluarga John pindah ke Belanda di tahun 1959. 

John Heitinga merupakan pemain bertahan Belanda yang harus keluar lapangan di Piala Dunia 2010 karena mendapatkan kartu merah. Saat itu Belanda tengah menghadapi Spanyol. 

John Heitinga merupakan bek tengah timnas Belanda sejak 2004 hingga 2013. Dia pernah bermain di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010. Dia juga pernah masuk di tim Everton, Atletico Madrid, dan Herta Berlin. 

Giovanni Van Bronckhorst

Pemain Belanda yang pernah menjadi kapten tim Belanda saat final Piala Dunia 2010 lalu memiliki ibu asal Maluku, Indonesia. Ibunya bernama Fransien Sapulette.

Giovanni Van Bronckhorst setelah memasuki masa pensiun menjadi pelatih Feyernoord. Dia juga pernah menggantikan Steven Gerrard di Glasgow Rangers, yang pindah ke Aston Villa.

Nigel de Jong

NULL
Pemain ini cukup dikenal dengan tendangan kung fu saat melawan Spanyol. Tendangan kung fu Nigel de Jong diberikan kepada Xabi Alonso pada saat final Piala Dunia 2010. 

Ayah Nigel de Jong bernama Jerry de Jong ini seorang mantan pesepak bola profesional asal Suriname. Sementara ibunya merupakan orang Maluku. 

Baca Juga: Promo Alfamart Serba Gratis Hari Terakhir, Masih Ada Penawaran Beli 1 Gratis 1

Massimo Luongo

Massimo Luongo merupakan pemain nasional Australia yang membela timnya di Piala Dunia 2014. Namun, Massimo Luongo tidak pernah bermain di Piala Dunia 2014. Dia kemudian kembali berlaga di Piala Dunia 2018.

Massimo Luongo mendapatkan darah Indonesia dari sang ibu yang bernama Ira asal Bima. Masssimo Luongo masuk di tim utama Queens Park Rangers saat berusia 25 tahun dan membela Sheffield Wednesday dari 2019-2022, dan kini membela Middlesbrough. 

Demikian informasi deretan pemain berdarah Indonesia yang pernah berlaga di Piala Dunia FIFA World Cup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER