Fakta Menarik Seputar Kucing Berbulu Hitam

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 15 Agustus 2022 | 19:00 WIB
Fakta Menarik Seputar Kucing Berbulu Hitam


MOMSMONEY.ID - Apa yang Anda pikirkan ketika melihat kucing berwarna hitam? Pertanda kesialan, kematian, atau justru Anda menganggapnya lucu dan menggemaskan?

Memang, kucing berwarna hitam kerap menghadirkan berbagai opini yang bertolak belakang. Ada yang menganggap kucing hitam sebagai simbol penyihir dan kesialan, tapi ada pula yang berpendapat kucing hitam terlihat menarik karena warna bulunya yang gelap.

Namun, di samping semua itu, kucing hitam juga memiliki beragam fakta lainnya yang menarik untuk disimak. Apa sajakah itu? Dirangkum dari The Spruce Pets, Mental Floss, dan Wagwalking.com, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Ras Kucing Berekor Pendek, Apa Saja?

Termasuk warna bulu paling dominan

Tahukah Anda jika gen warna hitam pada kucing merupakan gen yang paling dominan pada kucing?

Jika ada dua kucing dengan gen warna hitam kawin, anak-anaknya kemungkinan besar akan ada yang berwarna hitam. Hal ini membuat kucing berwarna hitam jauh lebih banyak dan umum daripada kucing dengan warna lainnya.

Ada 22 jenis kucing berwarna hitam

Menurut Cat Fanciers’ Association, ada 22 jenis atau ras kucing yang bisa menghasilkan anakan berwarna hitam polos.

Jadi, Anda bisa menemukan kucing hitam dari berbagai ras, mulai dari Persia, Scottish Fold, Japanese Bobtail, Himalaya, hingga American Shorthair.

Warna bulunya bisa berubah

Beberapa kucing hitam memiliki gen yang menghasilkan pola atau motif tabby pada bulunya. Namun, karena gen warna hitam lebih dominan daripada gen tabby, pola bulu ini biasanya tidak terlihat.

Nah, jika kucing hitam dengan gen tabby tersebut suka berjemur di bawah sinar matahari, lama-kelamaan warna bulunya bisa berubah menjadi kemerahan dan menampakkan pola tabby-nya. Hal ini disebabkan oleh sinar matahari yang memecah pigmen warna hitam pada bulu kucing, sehingga berubah kemerahan.

Baca Juga: 3 Mitos Tentang Kucing Hitam, Benarkah Menjadi Pertanda Kesialan?

Kebanyakan kucing hitam memiliki mata kuning

Gen warna hitam pada kucing tak hanya menghasilkan warna hitam pada bulunya, tapi juga menyebabkan warna mata si kucing kerap berwarna kuning. Hal ini disebabkan oleh melanin berlebih yang dibawa oleh gen warna hitam.

Jadi, kebanyakan kucing hitam memiliki mata berwarna kuning, mulai dari kuning keemasan hingga kuning oranye. Meskipun demikian, Anda juga bisa menemukan kucing hitam dengan mata berwarna hijau atau biru.

Menjadi simbol kesialan maupun keberuntungan

Dalam beberapa kebudayaan, kucing hitam dianggap sebagai simbol kesialan. Salah satu mitos atau takhayul yang terkenal adalah kucing hitam sebagai simbol ilmu sihir atau jelmaan penyihir. Selain itu, ada juga yang mengaitkan kemunculan kucing hitam dengan kematian.

Namun, di beberapa belahan dunia lain, kucing hitam justru termasuk simbol keberuntungan. Di Jepang, misalnya, perempuan lajang yang memelihara kucing hitam dipercaya akan mendatangkan jodoh. Sementara itu, di Skotlandia, kucing yang muncul di teras rumah dipercaya sebagai pertanda kemakmuran.

Itulah beberapa fakta seputar kucing hitam yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER