HOME, Santai

Fakta Menarik Gianluigi Donnarumma, Kiper Italia Peraih Pemain Terbaik Euro 2020

Fakta Menarik Gianluigi Donnarumma, Kiper Italia Peraih Pemain Terbaik Euro 2020

MOMSMONEY.ID - Kiper Italia Gianluigi Donnarumma diganjar penghargaan Player of the Tournament atau Pemain Terbaik di gelaran Euro 2020 yang baru saja berakhir pagi ini.

Banyak perhatian langsung tertuju pada usia Donnarumma yang dibilang masih muda, tapi sudah menorehkan berbagai pencapaian. Salah satunya Piala Euro 2020, yang ia raih bersama timnas Italia.

Moms yang mengikuti gelaran Euro 2020 kali ini mungkin bertanya-tanya, siapa Donnarumma dan apa saja pencapaian menariknya dalam ajang kejuaraan Eropa ini?

Dikutip dari The Guardian, uefa.com, dan BBC, MomsMoney sudah merangkum beberapa fakta menarik soal kiper muda ini. Siapa tahu, Donnarumma bisa menjadi idola baru Moms di lapangan bola.

Baca Juga: Lolos ke Final Euro 2020, Ini 4 Fakta Menarik Timnas Italia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by UEFA EURO 2020 (@euro2020)

Berusia 22 tahun

Lahir 25 Februari 1999, Donnarumma bisa dibilang masih berusia cukup muda. Namun, di usia itu, pencapaiannya bisa dikatakan luar biasa.

Donnarumma termasuk pemain termuda yang memulai debut profesionalnya di Serie A pada usia 16 tahun lo, Moms. 6 tahun kemudian, di usia 22 tahun, ia sudah mengoleksi sekitar 200 kali penampilan di Serie A Italia bersama klubnya, AC Milan.

Nah, pertengahan 2021 ini, Donnarumma dikonfirmasi akan pindah ke Paris Saint-Germain. Ini berarti, ia akan meneruskan karirnya di klub yang menaungi Kylian Mbappe tersebut.

Disebut-sebut sebagai penerus Buffon

Moms masih ingat Gianluigi Buffon, kiper Italia yang ikut mengantarkan Gli Azzurri meraih Piala Dunia 2006?

Nah, banyak yang menyebut Donnarumma sebagai penerus sang legenda. Apalagi, mereka berdua punya nama depan yang sama, Gianluigi. Tidak banyak orang Italia yang memiliki nama ini lo, Moms. Dikutip dari profil Donnarumma di The Guardian, disebutkan bahwa nama Gianluigi hanya dimiliki oleh 0,06% orang Italia.

Wah, cukup unik ya. Mungkin, Donnarumma memang sudah ditakdirkan sebagai penerus sang kiper legendaris!

Baca Juga: Tak Lagi Muda, Pemain Bola di Euro 2020 ini Masih Terlihat Tampan

Pencapaian di Euro 2020

Pencapaian Donnarumma di ajang Euro 2020 juga tidak boleh diremehkan, Moms.

Di Euro 2020, Donnarumma berhasil mencatatkan 3 clean sheets. Artinya, ia berhasil melalui 3 kali pertandingan tanpa kebobolan satu gol pun.

Gawang yang ia jaga baru bisa dijebol saat bertemu Austria di babak 16 besar. Setelahnya, Donnarumma hanya kebobolan 3 kali, total kebobolan 4 gol di Euro 2020.

Sebagai kiper, Donnarumma bertugas menjaga dan menyelamatkan gawangnya dari serangan tim lawan. Di Euro 2020, ia tercatat sudah 9 kali menyelamatkan gawang Italia. Selain itu, ia juga sering menyelamatkan gawang saat drama adu penalti, termasuk dua penalti yang berhasil dihalaunya saat final melawan Inggris hari ini.

Donnarumma menutup pencapaian-pencapaiannya tersebut dengan gelar Pemain Terbaik Euro 2020, sekaligus gelar Juara Eropa yang akan ia sandang bersama timnas Italia sampai tahun 2024 mendatang.

Tidak hanya pemain depan, tengah, atau belakang, kiper juga seorang pemain bola yang patut diperhitungkan, Moms. Suatu tim tidak akan sukses jika tidak punya kiper yang hebat. Hal tersebut berhasil dibuktikan Italia lewat Donnarumma.

Selamat untuk Donnarumma dan Timnas Italia untuk prestasinya di Euro 2020!

Selanjutnya: Sedang Isolasi Mandiri? Ketahui Kapan Isolasi Mandiri Bisa Berakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News