Keluarga

Fakta-Fakta Menarik Seputar Kucing Anggora, Cantik dan Bikin Gemas!

Fakta-Fakta Menarik Seputar Kucing Anggora, Cantik dan Bikin Gemas!

MOMSMONEY.ID - Kucing domestik alias kucing peliharaan terdiri dari berbagai jenis, salah satunya kucing anggora yang sangat populer.

Tak heran, kucing yang identik dengan bulu tebal ini memang terlihat cantik, sehingga banyak difavoritkan oleh pecinta kucing.

Nah, jika Anda dan keluarga tertarik memelihara kucing anggora di rumah, ada beberapa fakta menarik seputar kucing jenis ini yang menarik untuk disimak. Dikutip dari laman Hill’s Pet dan Daily Paws, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Hewan Kucing Butuh Tempat Persembunyian

Berasal dari Turki

Dikenal juga sebagai Turkish Angora, kucing ini dulunya dibesarkan di kebun binatang dan dibawa ke Eropa dari Ankara di tahun 1520. Kepopulerannya di Eropa dikalahkan oleh kucing Persia, sehingga lama-lama nyaris punah.

Untungnya, karena dibiakkan dan dibesarkan di kebun binatang di Turki, kucing anggora bisa bertahan hingga saat ini. Kucing ini mulai populer di Amerika Serikat pada tahun 1960-an, ketika ada pasangan dari Amerika yang membawa kucing anggora dari Turki ke negaranya.

Bulunya halus dan panjang

Salah satu ciri khas utama dari kucing anggora adalah ukuran tubuhnya yang sedang dan memiliki bulu yang lebat, halus, dan panjang. Bulunya yang panjang merupakan salah satu alasan kucing anggora banyak diminati sebagai kucing peliharaan.

Warna bulunya pun beragam, mulai dari coklat, merah, abu-abu, biru, dan putih. Selain itu, ada pula kucing anggora yang memiliki bulu dengan motif tabby, tortoiseshell, dan bicolor.

Suka bersosialisasi

Kucing anggora termasuk jenis kucing yang suka bersosialisasi. Artinya, kucing anggora bisa sangat dekat dengan majikannya, bahkan suka menempel pada satu atau dua anggota keluarga yang disukainya.

Jika dibiasakan, kucing anggora umumnya juga mudah akrab dengan anak-anak. Sementara itu, kucing anggora dapat akrab dengan hewan peliharaan lainnya bila diperkenalkan dengan benar.

Baca Juga: Memahami Tanda-Tanda Kucing Akan Melahirkan, Apa Saja?

Aktif dan suka bermain

Selain suka bersosialisasi, kucing anggora juga tergolong aktif dan sangat suka bermain, baik dengan manusia maupun bermain sendirian.

Oleh karena itu, Anda bisa menyediakan berbagai mainan untuk menunjang keaktifannya. Cobalah menambahkan scratching posts dan cat tree supaya mereka bisa mengasah kuku dan memanjat sekitarnya dengan aman.

Kemungkinan tuli tinggi

Pada abad ke-19, kucing berjenis anggora umumnya dianggap tuli. Walaupun hal ini tidak sepenuhnya benar, ada beberapa pengecualian untuk kucing anggora dengan ciri tertentu.

Misalnya, kucing anggora berwarna putih dengan mata biru memiliki kemungkinan tuli yang cukup tinggi, begitu pula dengan kucing yang memiliki warna mata berbeda atau odd-eye (biasanya di sisi kepala dengan mata biru).

Kucing anggora yang tuli umumnya bisa hidup normal dan sehat, tapi terkadang suara meongannya cukup keras dari biasanya karena mereka tidak mampu mendengar suaranya sendiri.

Itulah beberapa fakta seputar kucing anggora yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, semakin tertarik memelihara jenis kucing satu ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News