HOME, Santai

Facebook Bikin Buku Panduan Privasi Online, Apa Isinya?

Facebook Bikin Buku Panduan Privasi Online, Apa Isinya?

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Facebook bulan ini meluncurkan buku Panduan Konsumen ‘Anti-Ribet’ untuk memberikan pemahaman yang mudah bagi para pengguna Facebook.

Bukan saja saat berada di Facebook, dengan buku panduan diharapkan orang-orang tetap aman dan nyaman saat menggunakan Instagram dan WhatsApp.

Buku panduan ini membantu meningkatkan kecakapan digital, serta memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk membangun interaksi yang lebih bermakna bersama komunitas di ranah online.

Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia mengatakan, setiap harinya banyak sekali orang menggunakan Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk membangun interaksi yang bermakna dan membuat dunia lebih dekat.

Melalui buku Panduan Konsumen ‘Anti- Ribet’ #NyamandiSosmed ini pihaknya ingin memberikan panduan untuk memanfaatkan fitur sekaligus menjaga ranah personal.

"Buku ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, kami hendak mengajak orang-orang memahami pentingnya menjaga keamanan dan memperkuat privasi ranah online dengan memanfaatkan fitur-fitur di Facebook, Instagram, dan WhatsApp, sehingga mereka dapat menikmati pengalaman online secara optimal,“ katanya dalam siaran pers, Kamis (24/6).

Dikemas dalam bahasa percakapan sehari-hari yang mudah dipahami, buku Panduan Konsumen ‘Anti- Ribet’ #NyamandiSosmed ini memaparkan tentang cara mudah mengaktifkan fitur-fitur keamanan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Misalnya, fitur Autentikasi Dua Langkah hingga cara melakukan Pemeriksaan Keamanan Facebook untuk memastikan akun telah terlindungi.

Panduan ini juga membahas tentang salah satu isu yang sering dihadapi oleh publik, yakni aksi penipuan online dan pembajakan akun.

Di buku ini, orang-orang juga dapat menemukan tip untuk mengenali bentuk-bentuk penipuan online, hingga langkah-langkah mudah untuk melakukan pelaporan dan mengembalikan akun yang dibajak oleh pihak tak bertanggung jawab.

Tak hanya membahas tentang fitur-fitur keamanan, buku Panduan Konsumen 'Anti-Ribet’ #NyamandiSosmed mengajak publik untuk memahami apa saja yang termasuk sebagai data pribadi, dan cara menjaga informasi berharga tersebut agar tetap aman.

Beberapa fitur untuk menjaga privasi diantaranya Pemeriksaan Privasi Facebook, cara menghapus pengikut di Instagram, dan cara menentukan siapa yang dapat melihat status WhatsApp.

“Facebook, Instagram, dan WhatsApp berkomitmen untuk menjaga komunitas tetap aman dan memiliki informasi yang memadai agar dapat saling terhubung, berinteraksi di platform online. Merupakan hal yang penting bagi Facebook untuk memastikan semua orang tetap #NyamandiSosmed kapanpun dan dimanapun,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News