Keluarga

Etika Makan di Restoran Italia dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Etika Makan di Restoran Italia dan Kesalahan yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID -  Setiap makanan menggambarkan budaya dan kebiasaan asal daerahnya. Salah satunya makanan asal Italia. Ada etika makan di Restoran Italia dan kesalahan yang harus dihindari.

Melansir Reader’s Digest, ada beberapa etika makan di restoran Italia. Selain juga ada cara makan yang harus Anda hindari karena dinilai tak pantas. 

Orang Italia sangat menghargai hidangan pasta. Tentu saja Anda tak asing dengan pasta asal Italia seperti sphagetti dan lasagna. Jika Anda pikir memakan pasta adalah hal yang biasa, ternyata ada beberapa cara yang orang Italia lakukan untuk menghormati hidangan pasta.

Berikut etika makan di restoran Italia dan beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari:

1. Memotong spaghetti

Ini adalah kesalahan yang mungkin pernah Anda lakukan saat makan di restoran Italia. Berdasarkan etika makan orang Itali, saat makan spaghetti atau fettucine, Anda tak boleh memotongnya dengan pisau.

Anda juga tak boleh menggunakan sendok untuk memutar sphagetti. Hanya gunakan garpu saat memutarnya untuk mudah disantap. 

Baca Juga: Tragis, 5 Film Thriller Kriminal Ini Ternyata Diangkat dari Kisah Nyata

Jadi saat  akan menyantap spaghetti dan fettucine, pastikan mendapatkan jumlah yang tepat untuk bisa dimakan dalam satu suapan. Jika ini terlalu sulit, gunakan sendok untuk membantu saat menyuapkan makanan ke dalam mulut. 

2. Menggunakan pisau untuk memotong lasagna

Kesalahan lain saat makan di restoran Italia adalah menggunakan pisau untuk memotong lasagna. Ini tidak pantas dilakukan saat akan menyantap pasta isi seperti lasgna dan ravioli. 

Alih-alih menggunakan pisau, Anda bisa menggunakan garpu untuk memotongnya. Gunakan bagian samping garpu. Usahakan Anda memotong dengan ukuran yang tepat supaya mudah disantap. 

3. Memakan roti dengan pasta

Kesalahan berikutnya saat makan di restoran Italia adalah memakan roti dengan pasta. Ada waktu yang tepat untuk menyantap kedua makanan ini. 

Roti tidak boleh dimakan bersama dengan makanan bertepung lainnya seperti risotto atau pasta. Selain itu garlic bread dan buttered bread stick ternyata tidak biasa disajikan di Italia. Ini adalah gaya penyajian makanan Amerika. 

Jika Anda makan di restoran Italia dan ada sekeranjang roti di meja, maka makan roti tersebut dengan sup atau salad. Anda juga bisa menyantap roti dengan makanan utama lain yang tidak terbuat dari tepung. 

4. Menggunakan roti untuk menyerap saos pasta

Semua saos pada makanan pasti lezat sehingga Anda pasti tak ingin menyisakannya. Tetapi salah satu etika makan di restoran Italia, jangan menggunakan roti untuk menyerap sisa saos pasta. 

Baca Juga: Waspadai! Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Hipertensi

Mungkin hal ini tak akan jadi masalah jika Anda makan di restoran dengan harga standar atau pesta pasta di rumah Anda. Namun jika berencana makan pasta di restoran mewah, sebaiknya sisakan saos di piring. 

5. Jangan mencelupkan roti pada minyak zaitun atau mengoleskan dengan mentega

Beberapa restoran Italia biasanya menyajikan roti dengan minyak zaitun dan mentega. Ini adalah sajian untuk berbagi dengan teman makan Anda.

Namun jangan sesekali mencelupkan roti pada minyak zaitun atau mentega yang masih berada di piring penyajian. 

Salah satu etika yang harus Anda lakukan di restoran Italia adalah mengambil minyak zaitun atau mentega dan letakan di piring Anda sendiri. Setelah itu  bisa mencelupkan roti ke minyak zaitun atau mengoleskan mentega ke roti yang akan Anda makan. 

Demikian 5 kesalahan saat makan di restoran Italia dan etika makan yang sebaiknya Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News