HOME, Bugar

Enggak Nyaman! Inilah Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Enggak Nyaman! Inilah Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

MOMSMONEY.ID - Jerawat di punggung membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Sebab, akan terasa gatal dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Menurut Dr. Daniel Friedman, seorang ahli dermatologi, faktor munculnya jerawat di punggung sama dengan jerawat di wajah yaitu produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat dan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes. 

Area tubuh yang sering munculnya jerawat yaitu dada, bahu dan punggung. Hal itu disebabkan karena area tubuh tersebut memiliki kelenjar Sebaceous paling banyak dibandingkan area tubuh lainnya. Sehingga folikel atau pori-pori lebih sering tersumbat oleh sebum berlebih dan sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi jerawat di punggung yang bisa anda lakukan dilansir dari journal.kleiandclay.com, yaitu:

1. Lebih Rajin Mandi

Anda harus lebih rajin mandi, apalagi setiap selesai berolahraga atau beraktivitas yang memunculkan keringat. Alasannya untuk membersihkan dan menghilangkan keringat yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga tidak terjadi penyumbatan. Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung bahan AHA dan BHA, lalu asam salisilat, asam glikolat dan benzoil peroksida dan gunakan juga body butter untuk menghidrasi kulit anda. 

2. Jangan Menggosok Area Tubuh Berjerawat

Selanjutnya, hindari menggosok area tubuh yang berjerawat apalagi dengan cara kasar. Gesekan tersebut hanya akan memperparah kondisi jerawat di punggung. Anda bisa menggunakan handuk berbahan lembut dan mengelapnya dengan cara ditepuk-tepuk pelan. 

Baca Juga: Ketahui Manfaat Rosehip Oil Bagi Perawatan Kulit Cantik Anda

3. Hindari Pakaian Ketat dan Berbahan Sintesis

Kain sintetis bersifat memerangkap panas, sehingga tubuh akan lebih mudah berkeringat. Karena apa pun yang dapat memerangkap panas atau menyebabkan gesekan pada kulit dapat memperburuk jerawat. Sebaiknya, anda memilih pakaian yang berbahan katun karena dapat menyerap keringat dengan baik.

4. Jangan Memencet Jerawat

Sama seperti jerawat di muka, hindari memegang atau memencet jerawat di tubuh anda. Jika anda lakukan akan menyebabkan peradangan, kondisi jerawat yang semakin memburuk dan akan meninggalkan bekas jerawat.

5. Gunakan Produk Menghilang Jerawat Tubuh

Gunakan produk yang dapat menghilangkan jerawat, Pilihlah produk yang sesuai dengan masalah kulit tubuh. Anda bisa memilih produk yang mengandung bahan Tea Tree Oil dan Grapeseed oil yang mana dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Itulah beberapa cara mengatasi jerawat di punggung, moms. Namun, jika hal tersebut belum menampakkan hasil yang diinginkan, segera anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Selamat mencoba, moms!

Selanjutnya: Pahami Manfaat Penggunaan Bahan Niacinamide Pada Produk Skincare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News