InvesYuk

Eastspring Indonesia & Standard Chartered Terbitkan Reksadana Saham Indeks

Eastspring Indonesia & Standard Chartered Terbitkan Reksadana Saham Indeks

MOMSMONEY.ID - Standard Chartered Indonesia sebagai agen penjual efek reksdana bekerjasama dengan PT Eastspring Investments Indonesia menerbitkan reksadana saham baru. Namanya: Reksadana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus. 

Reksadana ini menjadi reksadana dengan denominasi mata uang rupiah dan reksadana non-ETF yang menggunakan indeks IDX ESG Leaders di Indonesia.

Sesuai namanya, produk investasi tersebut menggunakan tolak ukur indeks IDX ESG Leaders yang memiliki konstituen indeks berupa saham-saham yang mengimplementasikan praktik ESG.

Tentu, Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus sekaligus menambah ragam produk inevstasi berbasis indeks di pasar modal. 

Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan reksadana indeks yang menempatkan 80%-100% investasi pada instrumen pasar saham dan maksimum 20% di instrumen investasi ekuitas dan/atau pasar uang/deposito. 

Baca Juga: Kerja Sama Eastspring Indonesia dan MNC Sekuritas, Investasi Reksa Dana Makin Mudah

Selain itu, reksadana ini memiliki fitur alokasi saham di luar pilihan indeks IDX ESG Leaders yang mencakup investasi di luar negeri dengan alokasi maksimal 15%.

Investasi di luar negeri tersebut akan diinvestasikan pada saham dengan operasi bisnis yang signifikan di Asia Pasifik dengan peringkat risiko ESG Sustainalytics di bawah 40. 

Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif. Dan, produk ini memberikan berbagai keuntungan, antara lain investor berkesempatan memperoleh potensi imbal hasil jangka waktu menengah dan panjang. 

Presiden Direktur Eastspring Indonesia Alan J Tangkas Darmawan mengatakan dalam riset Rabu (23/11), Reksadana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus diciptakan untuk menjawab permintaan investor.

Ini seiring peningkatan instrumen investasi yang sejalan dengan prinsip Environment, Social and Governance (ESG).

Alhasil, produk tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang hendak berpartisipasi pada produk investasi yang baik untuk jangka panjang serta berkontribusi positif pada lingkungan dan masyarakat.

Baca Juga: Mau Ajukan KUR BRI? Ini Syarat, Cara Pengajuan, dan Tabel Pinjamannya

Head of Wealth Management Standard Chartered Indonesia Meru Arumdalu menyebutkan, para kliennya dan juga masyarakat umum kini memiliki semangat serta kesadaran yang lebih baik dalam mencapai aspirasi keberlanjutan. 

Sekadar informasi, Eastspring Indonesia menjadi bagian dari komitmen untuk menciptakan keputusan investasi yang bertanggungjawab. Perusahaan ini juga turut ikut serta dalam menandatangani Principles for Responsible Investment (PRI). 

PRI adalah program sukarela yang didukung oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), memiliki enam prinsip yang mengintegrasikan isu Lingkungan (Environmental), Sosial (Social) dan Tata Kelola Perusahaan dalam pengambilan keputusan investasi.

Hal ini selaras dengan strategi ESG dari grup Prudential plc yang telah berkomitmen dalam Investasi Berkelanjutan (Responsible Investment) sebagai pemilik aset dan manajer investasi yang signifikan di pasar keuangan global.

Eastspring Indonesia percaya setiap perusahaan memiliki peran penting dalam mewujudkan low carbon economy. Dengan itu, mereka menargetkan keterlibatan minimal 65% perusahaan yang bertanggungjawab atas emisi karbon pada portofolio investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News