HOME, Bugar

Duduk Terlalu Lama Saat WFH Bisa Sebabkan Ambeien

Duduk Terlalu Lama Saat WFH Bisa Sebabkan Ambeien

MOMSMONEY.ID - Ambeien menurut ahli bedah kolorektal dari Cleveland Clinic dr. Michael Valente yaitu benjolan atau gumpalan berisi pembuluh darah yang meradang di bawah permukaan kulit anus. Pembuluh darah di anus dapat meregang dan teriritasi sehingga menjadi bengkak serupa benjolan. Jenis ambeien ini akan mudah terlihat dari luar dengan mata telanjang. 

Awalnya bentuk dari ambeien ini kecil tidak terlihat. Namun ketika semakin meradang, benjolan bisa makin besar, memerah, dan semakin sakit juga rasanya. Ada berbagai gejala yang muncul ketika ambeien tumbuh. Gejala cenderung bervariasi tergantung pada tingkat keparahan ambeien Anda. Berikut adalah gejala ambeien yang harus Anda ketahui. 

Baca Juga: Jarang Diketahui! Kenali 5 Penyebab Anus Gatal

1. Gatal dan nyeri

Gumpalan yang menjadi gejala khas ambeien luar ini dapat menyebabkan rasa gatal di anus. Sering kali, gumpalan tersebut juga menimbulkan rasa nyeri parah, terutama ketika Anda sedang buang air besar atau ketika duduk terlalu lama. 

2. Munculnya skin tag

Pada beberapa kasus, benjolan ambeien dapat berupa jaringan daging atau kulit berlebih yang menggantung dari lubang anus. Skin tag bisa membuat feses yang keluar tersangkut di sekitar lubang anys. Ketika tidak dibersihkan dengan benar, bisa memicu risiko infeksi pada kulit sekitar anus.  

3. Muncul gumpalan di dekat anus

Ambeien bisa menyebabkan adanya gumpalan berwarna biru keunguan di dekat anus. Ini terjadi karena adanya penumpukan darah di pembuluh dekat anus. Akibatnya, penumpukan tersebut pun membuat lapisan kulit membengkak. 

Baca Juga: Saat Sembelit, Jangan Sekali-Kali Mengonsumsi 5 Makanan Ini

4. Keluar darah saat buang air besar (BAB)

Selain munculnya gumpalan di sekitar anus, sebagian orang yang mengalami ambeien juga merasakan BAB berdarah. Bila diperhatikan, darah biasanya ada pada permukaan luar tinja dan berwarna merah cerah. 

5. Duduk lama

Duduk dalam waktu yang lama tanpa bergerak juga bisa menjadi pemicu ambeien. Jika Anda bekerja yang mengahruskan terus duduk, jangan lupa untuk memberikan ruang pada tubuh untuk bergerak setiap jamnya agar tubuh mendapatkan peregangan juga.

Berikut penjelasan dari gejala ambeien yang harus anda ketahui. Bila muncul gejala-gejala tersebut, anda bisa segera menangani dengan tepat. 

Selanjutnya: Jangan Panik! Kenali 5 Penyebab BAB Berdarah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News