Keluarga

Diyakini Bawa Sial, Hindari Santap 6 Makanan Ini Saat Imlek Berlangsung

Diyakini Bawa Sial, Hindari Santap 6 Makanan Ini Saat Imlek Berlangsung

MOMSMONEY.ID - Ingin peruntunganmu tahun ini lebih baik? Coba hindari menyantap sederet makanan pembawa sial saat perayaan Imlek berlangsung.

Ada berbagai jenis makanan pembawa sial mulai dari buah, makanan pokok, hingga makanan laut yang sebaiknya dihindari demi kelancaran rezeki & keberuntungan tahun ini.

Untuk tahu apa saja aneka makanan imlek pembawa sial, berikut Momsmoney rangkum dari laman Know Insiders, Atlas Travel Web, Nyonya Cooking, dan Buro 247 selengkapnya.

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Kue Keranjang Imlek yang Jarang Diketahui

Bubur

Bubur dianggap sebagai makanan Imlek pembawa sial. Banyak orang Tionghoa yang percaya bahwa mengonsumsi bubur saat sarapan akan membawa kesialan karena bubur melambangkan kemiskinan.

Sebabnya, dahulu kala orang Tionghoa miskin merayakan Imlek hanya dengan makan bubur. Sementara orang biasa akan menyantap pangsit.

Baca Juga: Bikin Hoki Naik, Santap 6 Makanan Pembawa Keberuntungan ini Saat Imlek Tiba

Mie yang dipotong

Menurut kepercayaan kuno Cina, mie pendek tergolong ke dalam makanan pembawa sial, terutama jika dikonsumsi selama perayaan Imlek.

Mie panjang melambangkan umur yang panjang. Sementara mie pendek/dipotong dianggap sebagai umur yang pendek sehingga membawa kesialan bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Untuk menghindari mie terputus saat dimakan, maka makanlah dengan cara menyeruputnya hingga benar-benar habis.

Baca Juga: 10 Hal Terlarang yang Tabu Dilakukan Saat Hari Pertama Imlek

Makanan berwarna putih

Kelapa Thailand

Makanan yang berwarna putih dianggap sebagai makanan pembawa sial, terutama apabila dikonsumsi saat perayaan Imlek tiba.

Seperti yang kita ketahui, merah adalah warna keberuntungan saat Imlek. Sebaliknya, warna putih dianggap sebagai warna kematian sehingga sebabkan kesialan.

Hindari makanan berwarna putih seperti tahu, telur, roti putih, nasi, kelapa, hingga keju. Akan lebih disarankan menyajikan makanan dengan penuh warna seperti merah, kuning, dan hijau karena dianggap sebagai makanan pembawa keberuntungan.

Baca Juga: 9 Inspirasi Nail Art Tema Imlek 2023 yang Bikin Kuku Anda Jadi Cantik

Lobster, udang, dan kepiting

Lobster, udang, hingga kepiting dianggap sebagai aneka makanan pembawa sial, terutama jika disantap saat Hari Imlek tiba.

Memakan makanan laut ini pada hari pertama perayaan Imlek tiba dipercaya akan membawa kesialan sepanjang tahun & mencegah keberuntungan di tahun mendatang. Sebab, ketiga hewan laut ini berenang mundur sehingga dianggap sial.

Buah pir

Buah pir

Baca Juga: Makin Makmur, Ikuti 8 Cara Dapatkan Keberuntungan di Perayaan Imlek Tahun Ini

Buah pir juga tergolong sebagai makanan imlek pembawa sial. Meski rasanya manis dan menyegarkan, namun ada beberapa alasan mengapa buah yang satu ini digolongkan ke dalam maknana pembawa sial.

Kata “pir” dalam bahasa Mandarin memiliki pengucapan yang mirip dengan kata bahasa Mandarin lainnya yang memiliki arti “pergi”.

Memberi buah pir kepada seseorang pada saat perayaan Tahun Baru Imlek dipandang negatif karena dianggap sebagai simbol perpisahan dan ucapan selamat tinggal.

Baca Juga: Resep Dimsum Kuotie Ayam Kukus dan Panggang, Menu Jamuan Keluarga Saat Imlek Tiba

Pisang

Buah pir bukanlah satu-satunya jenis buah yang dianggap sebagai makanan pembawa sial. Ada pula pisang yang juga dianggap bawa sial.

Bentuk pisang yang melengkung dikatakan mirip tangan yang mengemis sehingga dianggap sebagai kesialan & ketidakberuntungan selama setahun.

Apabila Anda mempercayai berbagai jenis takhayul & kepercayaan Cina kuno, maka hindarilah memakan sederet makanan pembawa sial ini selama perayaan Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News